Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Makanan yang Harus Dihindari Jika Trigliserida Tinggi

Kompas.com - 09/05/2016, 19:28 WIB

KOMPAS.com - Trigliserida merupakan jenis lemak darah yang sebenarnya digunakan untuk memberikan energi. Namun, jika kadarnya terlalu tinggi bisa meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke.

Kadar trigliserida yang dinyatakan sehat adalah di bawah 150 mg/dL, sementara 150-199 mg/dL harap berhati-hati, dan 200-499 mg/dL termasuk tidak sehat. Di atas 499 mg/dL sangat tidak sehat.

Kadar trigliserida tinggi jangan diremehkan. Pada banyak kasus, dokter akan meresepkan obat-obatan untuk menurunkannya, selain juga perubahan pola makan dan gaya hidup.

Terkait dengan pola makan, tak dipungkiri ada beberapa jenis makanan yang berpengaruh langsung pada level trigliserida, terutama yang mengandung karbohidrat tinggi.

Berikut adalah beberapa jenis makanan yang harus dihindari untuk menjaga kadar trigliserida bisa diturunkan atau normal.

1. Minuman manis
Minuman mengandung gula, seperti es teh, soda, jus buah, dan sebagainya, akan membuat tubuh Anda dibanjiri kelebihan gula. Paling tidak batasi mengonsumsi minuman manis untuk menurunkan kadar trigliserida.

2. Makanan bertepung
Makanan yang mengandung tepung, seperti kentang, pasta, atau nasi, meruapkan sumber energi yang baik. Tetapi, makanan sehat ini akan dipecah menjadi gula saat masuk dalam sistem pencernaan. Kelebihan gula merupakan salah satu penyebab kadar trigliserida menjadi tinggi.

3. Kelapa
Manfaat sehat kelapa sudah dikenal di seluruh dunia, teapi kelapa juga mengandung lemak jenuh. Kita memang tak perlu menghindari sama sekali makanan mengandung santan, tetapi batasi saja sampai kadar trigliserida terkontrol.

4. Madu atau sirup maple
Tak perlu dijelaskan lagi, madu atau sirup maple mengandung gula yang tinggi. Jika kadar trigliserida Anda tinggi, batasi asupan kedua jenis pemanis ini.

5. Lemak jenuh
Produk susu berlemak tinggi, butter, daging merah, dan sebagainya, merupakan makanan mengandung lemak jenuh yang bisa meningkatkan kadar trigliserida. Mengurangi makanan jenis ini juga bisa membuat level kolesterol terjaga.

6. Alkohol
Kadar trigliserida tinggi adalah alasan lain untuk menjauhi alkohol.

7. Makanan yang dipanggang
Kadar trigliserida yang tinggi diketahui dipicu oleh asupan makanan yang dipanggang, seperti roti dan sejenisnya. Biasanya makanan tersebut mengandung lemak jenuh yang juga tinggi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com