Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Agar Sehat, Tubuh Jangan Terlalu Gemuk atau Kurus

Kompas.com - 21/05/2016, 10:00 WIB

KOMPAS.com - Orang dengan bobot tubuh berlebih sering dianggap sebagai orang yang tidak sehat dan rentan menderita berbagai penyakit. Tapi, studi-studi terbaru menyebut, orang gemuk ternyata tidak seburuk yang selama ini dikira.

Dalam sebuah studi disebutkan, orang yang agak gemuk risikonya meninggal muda lebih rendah. Penelitian yang dilakukan di Denmark ini dilakukan terhadap lebih dari 120.000 orang, dengan mengaitkan antara indeks massa tubuh dan angka kematian.

Meski begitu, penelitian ini tidak menganjurkan kita untuk makan sesuka hati dan tidak perlu melakukan aktivitas fisik. Sebaliknya, memiliki berat badan gemuk tidak perlu ditakutkan seperti sebelumnya.

Tetap atur pola makan dengan memperbanyak makanan bergizi dan rendah kalori, serta tetap melakukan olahraga.

Melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin, seperti mengukur tekanan darah, gula darah, serta lingkar pinggang dan berat badan, juga jangan diabaikan agar kita tidak terlena jika berat badan mulai bertambah.

Untuk mendapatkan tubuh yang sehat, ternyata orang gemuk hanya perlu menurunkan sekitar 5 persen dari bobot tubuhnya. Walau penurunannya sedikit, tetapi bertahap sehingga lebih sehat dan bisa dijaga dalam jangka panjang.

Dalam penelitian, orang yang menurunkan sekitar 5 persen berat badannya menunjukkan perbaikan tekanan darah, kadar trigliserida dalam darah, lebih sedikit lemak di livernya, dan gula darah lebih rendah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com