Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/05/2016, 07:15 WIB
Lily Turangan

Penulis

KOMPAS.com - Yoga, seni olah tubuh dan pikiran yang berasal dari India Kuno telah digemari oleh jutaan orang di dunia. Dengan berlatih yoga, Anda akan merasakan pikiran yang lebih tenang, tubuh juga lebih sehat dan lentur.

Selain itu, studi ilmiah juga membuktikan bahwa orang yang rutin berlatih yoga, cenderung memiliki berat badan ideal. Bagaimana bisa demikian? Ini penjelasannya.

 

Tingkat stres Anda turun

Yoga dapat mengurangi kecemasan akut dan kronis dengan cara menenangkan saraf simpatetik Anda. Orang yang berlatih yoga dengan rutin diketahui memiliki lebih banyak sel otak di wilayah yang meregulasi stres, meningkatkan fokus dan meningkatkan kesadaran diri, menurut para peneliti di National Center for Complementary and Alternative Medicine.

 

Keinginan ngemil berkurang

Studi menunjukkan, bahwa stres kronis mendorong orang untuk makan lebih banyak kalori dan ingin ngemil terutama camilan yang rasanya manis.

 

Lemak perut perlahan hilang

Yoga telah terbukti mampu menurunkan kadar hormon stres atau hormon kortisol yang membuat tubuh cenderung menyimpan lemak di area perut dan sekitarnya.

 

Anda menjadi lebih aktif

Karena mampu mengurangi kadar depresi, berarti yoga akan mendorong Anda untuk lebih aktif secara fisik. Penelitian berkata, orang yang bahagia cenderung lebih aktif.

 

Tidur lebih nyenyak

Penelitian terhadap 120 orang dewasa menemukan, latihan teratur dapat meningkatkan kualitas tidur. Gangguan tidur erat hubungannya dengan kenaikan berat badan. Pasalnya, kurang tidur menaikkan kadar hormon ghrelin yang mendorong nafsu makan berlebihan.

 

Anda lebih mindful

Orang yang makan dengan tenang, perlahan dan menikmati setiap suapan, cenderung lebih mudah menurunkan berat badan dan berkurang juga keinginan ngemilnya, kata jurnal Appetite 2012.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com