Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Latihan Yoga untuk Wanita yang Berusaha Hamil

Kompas.com - 27/05/2016, 12:10 WIB
Kontributor Health, Dhorothea

Penulis

Sumber Yoga Today

KOMPAS.com - Latihan yoga dapat bermanfaat untuk pasangan yang mencoba punya anak. Ahli kebidanan Dr Giovannina Anthony berbagi pengetahuan soal manfaat yoga mengatasi stres dan meningkatkan kesuburan.

Menurutnya, yoga dapat membantu wanita dengan masalah kesuburan lewat manajemen stres dan kecemasan. Stres dikenal menghambat kesuburan dan yoga adalah teknik manajemen stres efektif.

Secara fisik yoga membantu masalah kesuburan dengan meningkatkan peredaran darah di daerah organ reproduksi. Yoga juga membantu rileksasi otot dan jaringan konektif di dasar panggul.

Adakah latihan yoga khusus untuk masalah fertilitas?

Segala postur yoga yang membuka pinggul, meningkatkan aliran darah atau meningkatkan kekuatan di dasar panggul amat bermanfaat untuk wanita yang sedang berusaha hamil.

Yoga restoratif juga amat bermanfaat untuk mereka karena meningkatkan ketenangan dan kesehatan. Yoga kundalini dan teknik pernapasan di semua latihan yoga juga bermanfaat untuk wanita yang sedang berusaha hamil.

Bagaimana stres mempengaruhi ketidaksuburan?

Wanita yang mengalami masalah infertilitas mengalami stres yang amat sangat. Yoga untuk mereka yang menjalani terapi kesuburan dapat membantu mereka mengelola stres. Latihan pernapasan pranayama membantu menurunkan hormon stres seperti kortisol yang menganggu fungsi reproduksi. Yoga menenangkan pikiran dan merilekkan tubuh yang ujungnya meningkatkan kesuburan.

Latihan yoga seperti apa yang baik buat wanita yang berusaha hamil?

Wanita yang mengalami masalah ketidaksuburan sebaiknya melakukan jenis yoga yang menurutnya terasa paling baik. Saat hamil pun sebaiknya wanita melakukan yoga yang paling sesuai untuk dirinya. Kelas yoga vinyasa dan Hatha amat direkomendasikan untuk dilakukan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com