Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jalan Kaki Setiap Hari Lebih Efektif Turunkan Berat Badan

Kompas.com - 05/06/2016, 11:03 WIB
Lily Turangan

Penulis

KOMPAS.com - Ingin langsing dan berbadan kencang? Para peneliti dari London School of Economics menemukan, bahwa mereka yang jalan kaki santai selama 30 menit setiap hari cenderung memiliki indeks massa tubuh yang lebih rendah, bahkan dari mereka yang rajin berlatih di gym.

 

Kuncinya adalah, berjalan kaki harus dijadikan kegiatan rutin, kata Deazie Gibson, instruktur fitness Acacia TV.

 

"Tidak hanya membuat Anda tertarik dan termotivasi, tetapi juga dapat mempercepat penurunan berat badan Anda."

 

Bahkan, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Biology Lettersshows menyebutkan bahwa berjalan dengan kecepatan yang berbeda-beda lebih efektif membakar kalori sebanyak 20% dibanding berjalan dengan kecepatan tetap.

 

Untuk membantu mengefektifkan program penurunan berat badan dan menambah unsur menyenangkan, ikuti program jalan kaki selama seminggu di bawah ini.

 

Seberapa cepat Anda harus melangkah? Ukur usaha Anda, atau tingkat tenaga yang dikeluarkan (RPE), menggunakan skala 1 sampai 10 dengan 10 sebagai upaya habis-habisan Anda.

 

Senin: Berjalan cepat (skala enam) selama 20 sampai 30 menit. Anda harus sedikit di atas zona nyaman Anda.

 

Selasa: Pompa jantung Anda dengan latihan interval: 30 detik jalan cepat (skala tujuh atau delapan) lanjutkan dengan 30 detik berjalan moderat (skala empat), selama 20 sampai 30 menit.

 

Rabu: Lakukan tantangan dan kegembiraan secara bergantian. Setiap tiga menit, berhenti untuk melakukan satu latihan interval berikut, teruskan selama 30 detik: lunges, push-up, berjalan dengan lutut ditinggikan, jumping jack, squat. Ulangi selama total 20-30 menit.

 

Kamis: Latih tangan dan bahu dengan berjalan menggunakan resistance band. Setiap tiga menit, sambil terus berjalan, pegang ujung resistance band dan regangkan di depan dada setinggi bahu. Lalukan 10 sampai 15 kali, lalu lanjutkan berjalan kaki skala enam atau tujuh.

 

Jumat: Kombinasikan berbagai latihan dalam minggu ini menjadi satu latihan besar. Lakukan dua menit jalan santai (skala enam), dua menit interval: 30 detik lunge, squat, diikuti dua menit berjalan skala lima dan 30 detik resistance band, lalu dua menit berjalan skala tujuh. Ulangi hingga total 20-30 menit.

 

Sabtu: Lakukan jalan santai bersama teman dengan skala enam. Tarik perut ke dalam sambil melangkah.

 

Minggu: 15 menit berjalan secepat Anda bisa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com