Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/06/2016, 17:00 WIB

KOMPAS.com - Gaya hidup yang terlalu banyak duduk menyebabkan kebanyakan orang memiliki postur tubuh yang buruk. Penyebab lainnya, kita kurang aktif dan kurang cukup bergerak setelah seharian bekerja di depan komputer.

Biasanya kita baru menyadari memiliki postur tubuh yang buruk setelah ada gangguan di bagian punggung. Keluhan pegal, sakit punggung, dan tidak nyaman pada leher, adalah keluhan paling umum para pekerja kantoran.

Postur tubuh yang buruk merupakan pemicu beberapa kondisi kesehatan, misalnya saja cedera karena ketidakseimbangan otot. Sebagian otot memendek dan kaku, sebagian lain terlalu panjang dan tertekan. Tubuh lalu berusaha mengompensasi dan berakhir dengan cedera.

Gangguan lain adalah organ-organ dalam tertekan, napas menjadi lebih pendek, serta sistem imun juga menjadi lemah.

Dalam hal emosional, ketika kita duduk dengan postur yang buruk, kita akan merasa lesu, kaku, merasa tidak aman, dan tidak bisa bernapas panjang.

Ketika duduk dengan lebih tegak dan postur yang benar, kita akan langsung merasa lebih kuat, lebih fokus, tinggi, merasa lebih berdaya, dan mengendalikan.

Kita mungkin tidak menyadarinya, tapi kondisi emosional kita tampak dalam postur. Saat kita merasa stres, kita cenderung memiliki postur yang buruk.

Ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk memperbaiki postur tubuh, misalnya meregangkan bagian punggung, dada, dan menggerakkan tubuh secara berkala agar peredaran darah kembali lancar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com