Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 10/06/2016, 10:47 WIB

KOMPAS.com - Gigi yang sehat, bersih dari plak, dan tidak berlubang merupakan keinginan banyak orang. Lindungi gigi Anda dengan menghindari kebiasaan-kebiasaan kecil ini.

- Mengunyah es
Es batu memang tidak mengandung gula sehingga kita sering mengira kebiasaan mengunyah es tidak berbahaya. Padahal, mengunyah sesuatu yang keras dan sangat dingin seperti es batu bisa membuat retakan pada gigi.

Tanpa kita sadari, kebiasaan ini juga mengiritasi jaringan lunak di dalam gigi sehingga dalam jangka panjang dapat memicu sakit gigi.

- Minum susu dari botol
Tak pernah ada kata terlalu dini untuk melindungi gigi. Membiasakan bayi "ngedot" atau minum susu, jus, atau air dari botol di malam hari merupakan kebiasaan yang harus dihindari. Setelah ngedot, bayi mungkin akan langsung ketiduran dengan botol masih di mulutnya. Selain sisa gula yang tertinggal di mulut, kebiasaan ngedot juga bisa membuat bentuk gigi menjadi lebih maju.

- Menggertakkan gigi
Menggertakkan gigi atau menggemeretak gigi saat tidur memang tidak disadari. Kebiasaan ini lama kelamaan akan menyebabkan gigi menjadi aus, goyang, serta sensitivitas gigi meningkat.

- Makan permen karet manis
Hampir semua produk permen manis menjadi musuh gigi, tetapi ada beberapa jenis permen yang berdampak lebih cepat. Misalnya saja permen karet manis yang menempel di gigi sehingga terjadi kontak antara asam dengan enamel gigi. Segeralah berkumur atau minum air putih setelah mengunyah permen untuk membersihkan asam dari gula permen.

- Minum softdrink atau jus
Banyak orang yang tidak menyadari kandungan gula dalam softdrink. Selain itu, minuman bersoda juga mengandung asam sitrat dan fosfor yang berdampak negatif pada enamel gigi.

Minuman lain yang juga mengandung gula tinggi adalah jus buah yang diberi banyak gula. Buah secara alami sebenarnya sudah manis, sehingga tak perlu kita tambahkan gula.

- Membuka kemasan dengan gigi
Kebiasaan membuka kemasan plastik, bahkan tutup botol, dengan gigi sebenarnya harus dihindari. Menggungakan gigi sebagai alat pembuka atau perobek bisa membuat gigi menjadi retak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com