Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Setelah Takjil Sebaiknya Jeda Dulu Sebelum Makan Berat

Kompas.com - 11/06/2016, 17:00 WIB
Lusia Kus Anna

Penulis

KOMPAS.com - Setelah menahan lapar dan dahaga seharian, waktu berbuka puasa merupakan saat yang dinantikan. Walau demikian, sebaiknya setelah mengonsumsi takjil saat berbuka puasa, jangan langsung mengonsumsi makanan berat.

Puasa memiliki efek menyehatkan bagi saluran cerna karena organ tubuh yang satu ini dapat kesempatan beristirahat. Karenanya, kita jangan langsung memaksanya bekerja keras dengan langsung makan dalam jumlah banyak saat berbuka puasa.

Dr.Grace Judio-Kahl, Msc, konsultan program penurunan berat badan, menyarankan agar saat buka puasa kita memberi waktu jeda 30 menit sebelum makan besar.

"Karena sudah lebih dari 12 jam kita berpuasa, tubuh tidak terima makanan dan lambung juga tidak bekerja. Kalau makanan langsung masuk dalam jumlah banyak nanti kaget," ujar dokter dari Klinik LightHOUSE Jakarta ini.

Selain organ pencernaan, enzim dan hormon yang mencerna makanan juga harus bekerja ekstra keras jika kita langsung makan besar saat berbuka puasa.

"Kalau tiba-tiba masuk gula dan tepung dalam jumlah banyak, maka ia harus memproduksi enzim dan insulin juga dalam jumlah banyak dalam sekejap," ujarnya.

Saat berbuka puasa, Grace menyarankan kita mengawalinya dengan takjil yang sehat seperti air, teh manis, atau pun buah kurma.

"Meski ingin menurunkan berat badan, tidak apa-apa sekali-kali takjilnya yang manis seperti kolak atau es campur. Ramadhan kan datangnya setahun sekali, kalau kita terlalu pantang nanti malah stres sehingga kemungkinan eating disorder lebih tinggi," paparnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com