Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 12/06/2016, 19:44 WIB

KOMPAS.com - Ada banyak nasehat dan hal yang mungkin Anda dengar seputar makanan bayi. Namun, ada beberapa hal yang ternyata hanya mitos. Anda tidak perlu memercayai mitos makanan bayi berikut ini, karena bisa jadi mitos ini malah membahayakan si kecil.

1.Bayi dengan ASI tetap butuh air putih
ASI merupakan satu-satunya cairan yang dibutuhkan oleh bayi, karena mengandung 85% air. Jangan menyangka bahwa dengan tidak minum air putih, bayi akan mengalami dehidrasi.

ASI sudah memenuhi kebutuhan air si kecil. Posisi air putih pada bayi bisa digantikan dengan ASI. Ketika bayi merasa dehidrasi, Anda hanya perlu menambah jumlah ASI.

2.Alergi disebabkan oleh keturunan
Tidak ada penelitian yang menunjukkan dengan pasti apakah alergi yang ibu rasakan juga dirasakan oleh si kecil. Hal ini bisa saja karena Anda tidak mencoba memberikan makanan tersebut, sehingga si kecil tidak terbiasa dan menyebabkan alergi makanan.

Tak apa mencoba aneka makanan untuk mengetahui jenis makanan yang memang menimbulkan alergi.

3.Bayi yang sudah memasukkan jari ke mulut berarti sudah siap makan
Patokan apakah bayi sudah siap mengonsumsi makanan padat adalah dengan melihat sistem pencernaannya.

Usia 6 bulan menjadi usia yang direkomendasikan untuk anak mencoba makanan padat. Anak memang akan mengalami fase di mana akan memasukkan sesuatu ke mulut, tapi belum tentu jadi tanda si kecil siap untuk MPASI.

4.Bayi cukup hanya dengan ASI
ASI memang baik untuk tumbuh kembang si kecil, namun seiring dengan perkembangan usianya ia membutuhkan nutrisi yang lebih beragam. Untuk itu, sangat penting memberikan MPASI pada bayi berusia 6 bulan. Cobalah memberikan aneka makanan untuk si kecil.

5.Memberikan MPASI yang memang hanya disukai bayi
Mitos makanan bayi ini sering dialami oleh ibu di Indonesia. MPASI hanyalah sebatas sayur bayam, ati, pepaya dan pisang. Padahal, ada banyak jenis MPASI yang bisa dipersiapkan dan kenalkan pada si kecil.

Hal ini akan memenuhi kandungan gizi yang sempurna pada bayi dan membuat si kecil jauh lebih sehat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com