Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/06/2016, 08:25 WIB
Ayunda Pininta

Penulis

KOMPAS.com - Keriput, garis halus sekitar bibir dan mata, serta garis-garis penuaan yang mulai mengitari bagian leher, merupakan tanda penuaan yang tak bisa dihindari.

Namun, bertambahnya usia bukan satu-satunya penyebab munculnya keriput. Beberapa faktor ini, bisa membuat keriput lebih cepat datang, bahkan saat usia baru menginjak 30an.

 

Tidak menggunakan tabir surya saat ke luar rumah

"Sembilan puluh persen dari tanda-tanda penuaan datang akibat paparan sinar ultraviolet," kata Mona Gohara, MD, seorang profesor klinis dermatologi di Yale School of Medicine.

Masalah muncul ketika terlalu banyak orang yang hanya menggunakan tabir surya untuk momen tertentu, seperti saat berenang, pergi ke pantai, atau liburan. Padahal, menurut Gohar, seseorang dapat terpapar sinar UV saat mengemudi atau menaiki kendaraan.

Walau paparan kecil sinar matahari tak langsung merusak kulit, bila ini terjadi setiap hari tanpa perlindungan, kerusakan kecil pada kulit bisa terakumulasi dan membuat kulit terlihat kering dan membentuk garis pada usia berapapun. Intinya, jangan pernah meninggalkan rumah tanpa SPF.


Gemar makan karbohidrat putih, seperti pasta, nasi, dan roti

Gula adalah “musuh besar” untuk pinggang Anda, tetapi gula juga dapat mengacaukan keremajaan kulit Anda.

"Kulit adalah organ, dan gula tidak baik untuk organ apapun," kata Gohara. Dia menjelaskan, bahwa gula bersama dengan karbohidrat tinggi lainnya mempromosikan peradangan kulit serta proses yang disebut glikasi. Ini menciptakan molekul yang mengikat kolagen dan elastin dan melemahkan mereka.


Hidup di perkotaan

Radikal bebas yang dihasilkan polusi udara sangat buruk bagi kulit. Penelitian telah menemukan, bahwa orang-orang yang sering terpapar knalpot mobil dan polutan lingkungan lainnya lebih mungkin untuk mengalami keriput di usia 30an.

Gohara menganjurkan, mengonsumsi makanan kaya antioksidan seperti berry segar, sayuran hijau, dan lemak ikan, bisa membantu menetralisir radikal bebas.

Anda juga bisa menggunakan produk perawatan kulit yang mengandung antioksidan seperti serum vitamin C serum sebagai pelindungan kulit ganda.


Bermain sosial media hingga larut malam

Memotong waktu tidur karena berselancar di sosial media bisa menimbulkan kelelahan, baik bagi tubuh dan mata.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com