Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengeluh Sembelit, Ternyata Ada Tumor di Anus hingga Penis

Kompas.com - 20/06/2016, 16:05 WIB
Dian Maharani

Penulis

Sumber Dailymail

KOMPAS.com - Seorang pria berusia 47 tahun di India awalnya hanya mengeluh sembelit. Tetapi masalah susah buang air besar itu sudah terjadi sekitar satu tahun dan terkadang disertai perdarahan.

Pria itu pun akhirnya dirujuk ke rumah sakit untuk menjalani pemeriksaan. Hasilnya sungguh di luar dugaan, karena ternyata masalah besarnya bukan sembelit.

Tim dokter menemukan tumor di anusnya sebesar 10 cm. Pertumbuhan tumor juga terdapat di kandung kemih, prostat, bahkan menyebar ke penis.

Menurut dokter di Jawaharlal Institute of Postgraduate Medical Education and Research, Puducherry, India, pria tersebut memang sudah merasa ada benjolan di anus dan kulit di penisnya perlahan menebal dalam enam bulan terakhir.

Seperti dilaporkan dalam Jurnal BMJ Case Reports, perkembangan tumor terjadi sangat cepat dan pria itu juga mengalami penurunan berat badan.

Pria tersebut didiagnosis dengan adenokarsinoma, yaitu tumor yang terbentuk dari sel-sel epitel tubuh. Hasil pemeriksaan juga menyebut tumor tersebut adalah ganas atau kanker yang telah menyebar ke penis.

Pria yang tak disebutkan identitasnya ini pun dirujuk ke sebuah rumah sakit pusat kanker untuk menjalani kemoterapi dan radioterapi.

Namun, tim dokter kecewa karena dari hasil scan pertumbuhan tumor tidak mengecil dan tidak bereaksi terhadap pengobatan.

Dokter menyatakan, kanker tak bisa lagi disembuhkan dan pria tersebut akhirnya hanya diberi obat penghilang nyeri.

Menurut dokter, kanker yang menyebar ke penis merupakan kondisi langka. Tingkat kesembuhannya pun sangat rendah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com