Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/08/2016, 18:05 WIB
Ayunda Pininta

Penulis

KOMPAS.com - Air lemon bukanlah ramuan ajaib untuk menurunkan berat badan dengan cepat, kecuali dapat membantu membersihkan saluran pencernaan dan membuat Anda lebih sehat.

Para ahli mengatakan, sebenarnya tidak ada minuman yang dapat melangsingkan, tetapi ada beberapa minuman yang benar-benar dapat membantu Anda membakar kalori lebih banyak. Berikut adalah tiga minuman yang lebih berkhasiat ketimbang air lemon untuk membantu menurunkan berat badan.


Espreso

Anda bisa menyebutnya sebagai minuman penambah energi yang sempurna. Penelitian menunjukkan, minum dua sampai tiga cangkir kopi sebelum olahraga dapat memacu Anda untuk bergerak lebih lama dan lebih keras, ketimbang jika Anda melakukan gym tanpa kafein.

Satu studi dalam Journal of Sports Medicine and Physical Fitness menemukan, seseorang dapat melakukan gerakan 20% lebih banyak pada treadmill ketika mereka meminum kopi sebelumnya.

Tetapi perlu diingat, selalu minum kopi hitam dengan tambahan madu untuk memberikan rasa manis. Sebab tambahan krim dan gula adalah justru akan membatalkan khasiat penambah energi.


Air es

Campurkan air putih dengan segelintir es. Minuman dingin akan “memaksa” tubuh mengeluarkan lebih banyak energi untuk mempertahankan suhu tubuh.

Ini berarti, menenggak tiga gelas air es dalam sehari dapat membantu tubuh Anda membakar hingga 100 kalori ekstra, kata Mitzi Dulan, RD, ahli gizi Royals Kansas City dan penulis The Pinterest Diet.

Lakukan setiap hari dan air es akan membantu Anda menurunkan berat badan hingga 5 kilogram selama setahun.


Teh hijau

Tidak hanya bebas kalori, teh hijau juga dapat memacu tubuh untuk membakar lemak dan membantu penurunan berat badan.

Dalam satu studi, peserta yang minum empat cangkir teh hijau setiap hari selama 2 bulan lebih mudah menurunkan berat badan sebanyak 2,5 kilogram, ketimbang peserta yang hanya minum air putih, menurut penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of American College of Nutrition.

Analisis lain dari European Journal of Nutrition menemukan bahwa peminum teh hijau secara teratur beratnya akan kurang dan memiliki lingkar pinggang yang lebih kecil.

Bila memungkinkan, pilih teh hijau segar yang diseduh sendiri. Teh hijau botolan racikan pabrik cenderung memiliki antioksidan lebih sedikit dan kandungan gula berlebih. Lupakan juga suplemen teh hijau yang sering menjadi penyebab kerusakan hati, akibat mengandung dosis yang tidak aman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com