Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/08/2016, 19:37 WIB
Kontributor Health, Dhorothea

Penulis

KOMPAS.com - Otot-otot tubuh terasa sakit setelah olahraga justru merupakan pertanda baik, karena otot mulai dilatih. Tetapi otot tangan sakit tanpa olahraga, mungkin Anda kebanyakan selfie.

Tidak berlebihan, nyeri otot karena kebanyakan selfie dan main ponsel itu benar-benar nyata adanya. Kita tak terhitung memegang ponsel dengan siku ditekuk hanya demi mendapatkan sudut terbaik untuk selfie. Alhasil, terjadi ketegangan di tendon, nyeri otot dan cedera.

"Selfie elbow ini sama dengan keluhan tennis elbow atau pun golfer elbow, yang diberi nama sesuai aktivitas yang dialami, inflamasi di tendon yang ada dari tangan sampai siku," kata Mary Ann Wilmarth, dokter terapi fisik dan juru bicara American Physical Therapy Association.

Ia menambahkan, inflamasi gara-gara selfie terjadi, karena kita memanjangkan lengan dan juga berusaha tetap kuat menggenggam ponsel. Ini adalah gerakan moderen di mana tubuh kita tidak didisain untuk melakukannya sering-sering.

Perbedaan besar antara selfie elbow dan tennis elbow adalah satu kondisi disebabkan oleh olahraga dan satu lagi karena kegiatan yang tidak berkeringat.

Kondisi selfie elbow merupakan hasil dari kegiatan fisik yang berhubungan dengan teknologi seperti "gaming thumb" (jempol yang digunakan main game), "swiping finger" (jari yang digunakan untuk mengusap layar ponsel berulang kal), "texting neck" (leher yang sering menunduk saat mengetik atau main game) dan masalah lain yang disebabkan oleh obsesi untuk selalu terhubung ke dunia digital.

Pembaca buku elektronik, ponsel pintar dan tablet tidak hanya terkena cedera fisik, tetapi juga kehilangan massa otot dan kekuatan di daerah tubuh yang jarang dipakai.

Salah satu buktinya ada di sebuah studi yang menjelaskan, betapa teknologi membuat wanita generasi milenium memiliki kekuatan menggenggam paling lemah dalam sejarah.

"Solusi permasalahan ini sederhana saja," kata Wilmarth. Sediakan waktu jauh dari gadget agar tangan sedikit istirahat dari kegiatan main ponsel.

Lakukan olahraga untuk memperbaiki peredaran darah. Pastikan pula seluruh tubuh mendapatkan latihan peregangan dan penguatan setiap hari.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com