Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kelak, Autisme Bisa Dikontrol dengan Obat Semprot

Kompas.com - 16/08/2016, 11:22 WIB

KOMPAS.com - Gangguan spektrum autisme yang mengakibatkan anak mengalami kelambatan komunikasi dan interaksi sosial, sampai saat ini belum bisa dicegah dan atasi. Meski begitu, para ilmuwan optimis obat semprotan oksitosin bisa membantu mengendalikan autisme.

Obat semprot hidung yang mengandung hormon oksitosin ini diketahui mampu meningkatkan respon dan kesadaran anak pada lingkungan sosial.

Dalam uji coba yang dilakukan oleh tim dari University of Sydney's Brain and Mind Centre hasilnya cukup menjanjikan.

"Hasil penelitian yang kami lakukan pada beberapa anak menunjukkan tingkat respon dan kesadaran pada informasi sosial yang penting," kata Profesor Adam Guastella, salah satu peneliti.

Semprotan pada hidung memang menjadi sistem pengantaran hormon oksitosin. Hormon yang dikenal juga dengan "hormon cinta" ini punya kemampuan untuk mendorong perilaku prososial.

Bila hormon itu dilepaskan oleh tubuh, efeknya adalah menurunnya rasa cemas dan membuat seseorang lebih berani memasuki situasi sosial yang sebelumnya dihindari.

Karena anak-anak autisme mengalami kesulitan interaksi sosial, canggung dalam pergaulan, dan keterampilan wicara yang kurang, pemberian hormon ini diharapkan membuat hambatan itu bisa dihilangkan.

Senjata lain yang diketahui bisa melawan autisme adalah video game Pokemon Go. Beberapa orangtua yang anaknya mengidap autisme berbagi di media sosial bahwa kehadiran game itu membuat anak mereka berani bermain di luar rumah dan mengeksplorasi lingkungannya. Game Pokemon Go telah meningkatkan kepercayaan diri sosial anak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com