Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/09/2016, 15:15 WIB

KOMPAS.com - Memiliki kuku rapuh memang tidak menyenangkan. Beberapa orang bahkan rela mengeluarkan uang lebih untuk melakukan perawatan pada kukunya.

Namun, sebenarnya ada yang bisa kita lakukan di rumah untuk mencegah kuku rapuh dan menjaganya tetap kuat dan sehat.

1. Asupan makanan

Hal utama yang perlu diperhatikan untuk menjaga kuku tetap kuat adalah dengan menngonsumsi makanan yang kaya vitamin B 12 dan biotin. Asupan ini bisa didapat dari kacang, jamur, dan kembang kol.

Cukupkan makanan ini setidaknya dua atau tiga kali seminggu. Selain itu, suplemen biotin alami juga dapat membantu mengurangi masalah kuku rapuh.

2. Terapi air hangat

Satu kali seminggu, rendamlah kuku di dalam air hangat dengan garam. Biarkan selama 10 menit dalam perendaman, kemudian bersihkan dengan kain lembut. Selanjutnya oleskan krim kuku atau krim pelembab tangan pada kuku. Ini akan membantu menguatkan kuku.

3. Minyak sayur

Cobalah ambil sedikit minyak sayur, oleskan pada kuku, biarkan selama 5-10 menit. Kemudian, pijat kuku secara perlahan dan cucilah hingga bersih. Cara ini akan membantu meningkatkan sirkulasi darah di sekitar kuku, serta mencegahnya dari kerapuhan.

4. Pemilihan cat kuku

Bila Anda suka menggunakan cat kuku, hindarilah cat kuku biasa yang mengandung berbagai bahan kimia.

Pilih cat kuku alami yang diperkaya dengan vitamin serta mineral agar dapat membantu meningkatkan kekuatan kuku.

5. Vitamin E dan madu

Campurkan minyak atau vitamin E dengan madu dan terapkan pada kuku dengan bantuan kapas. Setelah dibiarkan beberapa menit, pijat secara perlahan. Gunakan bahan alami dari keduanya untuk memperoleh hasil maksimal.

6. Hindari aseton

Aseton atau zat pelarut kutek yang digunakan terlalu banyak dapat memengaruhi kesehatan kuku. Jadi, gunakanlah seperlunya saja dan selalu pilih aseton dengan kualitas baik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com