Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menstruasi Tingkatkan Risiko Infeksi Bakteri di Area Vagina

Kompas.com - 06/10/2016, 18:07 WIB
Dian Maharani

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sangat penting bagi wanita untuk menjaga kebersihan area organ intim. Apalagi saat menstruasi atau haid datang.

Dokter spesialis obstetri dan ginekologi dari Rumah Sakit Mitra Kemayoran, Jakarta, Liva Wijaya mengungkapkan, menstruasi dapat meningkatkan risiko kontaminasi bakteri. Alasannya, saat menstruasi area kewanitaan akan menjadi lebih lembab.

Kelembaban ini dapat memicu perkembanganbiakan bakteri jahat yang lebih banyak dan memudahkan terjadinya luka atau iritasi.

"Darah ini bagian dari nutrisinya bakteri, dia bisa tumbuh banyak. Dalam keadaan menstruasi yang pH-nya sedikit berubah, kalau pertahanan tuubuh enggak kuat, bakteri akan tumbuh infeksi vulva di vagina," jelas Liva dalam diskusi di Jakarta, Kamis (6/10/2016).

Meningkatnya pH di area vagina juga dapat menyebabkan bakteri baik Lactobasilus tidak tumbuh. Ekosistem vagina yang sehat, yaitu pH sekitar 3.8-4.5.

Selain itu, perlu diketahui pula bahwa saat menstruasi, normalnya terjadi alir balik darah. Liva menjelaskan, siklus dua arah terjadi ketika sel darah dan jaringan yang harusnya terbuang ke vagina mengalir ke leher rahim dan tuba falopi.

Akibatnya, kontaminasi bakteri semakin mudah, karena ada aliran dari atas ke bawah maupun sebaliknya saat menstruasi.

Liva mengatakan, kasus infeksi juga telah banyak ditemukan setelah periode menstruasi. Infeksi bakteri tidak hanya bisa terjadi pada area luar vagina, tetapi juga bisa masuk ke dalam, seperti leher rahim, hingga panggul.

Untuk itu, sangat penting menjaga kebersihan vagina saat menstruasi untuk menghindari infeksi bakteri di organ kewanitaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com