Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dampak Buruk Ponsel bagi Remaja dan Cara Mengatasinya

Kompas.com - 10/10/2016, 17:07 WIB
Dian Maharani

Penulis

Sumber WebMD

KOMPAS.com - Hampir semua remaja saat ini menggunakan telepon selular (ponsel) atau smartphone. Memakai ponsel bisa bermanfaat, tetapi juga bisa berdampak negatif jika digunakan berlebihan.

Sebuah survei pun dilakukan oleh the Headmasters' and Headmistresses' Conference (HMC) yang bermitra dengan Digital Awarness UK (DAUK). Survei dilakukan terhadap 2.750 remaja berusia 11-18 tahun.

Hasilnya, sebanyak 45 persen remaja mengaku mengecek ponsel mereka sebelum tidur malam. Namun, 32 persen orangtua ternyata tidak menyadari kebiasaan anaknya itu.

Survei juga menunjukkan, 68 persen remaja yang sering menggunakan ponsel sebelum tidur, mengalami masalah belajar di sekoah.

Pendiri Digital Awarness UK, Charlotte Robertson mengatakan, banyak anak muda yang didorong oleh rasa kecemasan jika tidak terhubung dengan ponsel mereka. Sebanyak 10 persen anak-anak merasa tertekan atau gelisah jika tidak mengecek ponsel sebelum tidur.

Dalam survei ini, memang 94 persen remaja mengecek media sosial mereka pergi ke tempat tidur. Mereka mengaku penasaran dengan apa yang terjadi jika tidak memeriksa media sosial.

"Platform seperti Whatsapp, Snapchat, dan YouTube menurut saya penyebab terbesar yang membuat mereka menggunakan ponsel sepanjang malam," ujar Charlotte.

Survei juga membuktikan, 42 persen menyimpan ponsel di samping tempat tidur pada malam hari. Setengah di antaranya bahkan bisa mengecek ponsel 10 kali setiap malam. Akibatnya, mereka mengaku merasa lelah keesokan harinya. Barangkali karena kualitas tidur terganggu.

"Sebagai guru kita melihat efek dari penggunaan ponsel setiap hari," ujar Ketua HMC dan juga Kepala Sekolah Ashford, Mike Buchanan.

Menurut dia, para siswa-siswi yang sering menggunakan ponsel pun menjadi sulit berkonsentrasi saat belajar. Mereka menyarankan orangtua untuk membatasi penggunaan ponsel.

Digital Awareness pun memberikan 10 tips sehat menggunakan digital.

1. Jangan menggunakan ponsel selama 90 menit sebelum tidur.


2. Nonaktifkan ponsel di malam hari, atau setidaknya mematikan sinyal ponsel dengan mengaktifkan 'mode pesawat'.


3. Hindari paparan sinar biru dari ponsel yang dapat mengganggu tidur. Paparan sinar di layar ponsel bisa diatur agar tidak terlalu terang.


4. Cobalah hentikan kebiasaan atau keinginan terus menerus memeriksa ponsel.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com