Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/10/2016, 09:05 WIB
Ayunda Pininta

Penulis

Sumber POP SUGAR

KOMPAS.com - Mengasup 500 kalori lebih banyak dalam seminggu mungkin tak terlalu berdampak pada berat badan, tapi lain halnya bila itu terjadi setiap hari akibat kebiasaan makan yang satu ini.

Bila penelitian sebelumnya pernah mendapati bahwa makan di piring besar dapat meningkatkan jumlah makanan yang kita makan, sebuah studi baru dari Inggris kembali menegaskan hal itu dan mencoba melihat efeknya lebih detail.

Peneliti mendapati, mengonsumsi makanan yang disajikan di piring besar atau menggunakan sendok dengan ukuran besar, sama-sama berpotensi membuat seseorang mengasup hingga 500 kalori tambahan setiap harinya.

Selain mengulas 61 studi sebelumnya, para peneliti dari University of Cambridge juga melibatkan sekitar 6.700 partisipan asal Inggris dan Amerika untuk mendapatkan hasil yang lebih baru.

Peneliti menemukan, orang-orang secara konsisten mengonsumsi lebih banyak makanan dan minuman ketika makanan dan minuman tersebut disajikan dalam piring serta gelas ukuran besar, ketimbang saat mereka menikmatinya dalam peralatan makan kecil.

Mereka juga cenderung lebih banyak makan saat menggunakan sendok berukuran besar. Dan hanya karena ukuran piring, gelas, atau sendok yang lebih besar, hal itu dapat menyebabkan partisipan asal Amerika mengasup 527 kalori lebih banyak per hari dan 279 kalori lebih banyak bagi partisipan asal Inggris.

"Temuan kami menyoroti peran penting pengaruh lingkungan pada banyak atau sedikitnya konsumsi makanan," kata penulis Dr. Gareth Hollands.

"Mengurangi ukuran peralatan makan, baik yang dijual di toko, atau disajikan di restoran maupun di rumah, dapat menjadi cara yang baik untuk membantu banyak orang terhindar dari risiko makan berlebihan. "

Para peneliti mengatakan perubahan kecil saja seperti mengubah ukuran gelas, sendok serta garpu, dan peralatan makan lain yang digunakan, lalu pengemasan ulang produk menjadi lebih kecil, bisa membantu mengurangi konsumsi makan berlebihan setidaknya 16 persen di Inggris dan 29 persen di Amerika.

Sementara restoran atau produsen mungkin tidak dapat menyajikan makanan dalam porsi kecil, Anda dapat mewujudkan ini di rumah.

Ketika makan, gunakan piring salad yang kecil sebagai pengganti piring makan besar. Begitu juga dengan sendok atau garpu, ukuran kecil lebih baik untuk mencegah makan berlebihan.

Hasilnya, kemungkinan Anda akan menghemat lebih dari 500 kalori per hari atau setara dengan 0,4 kilogram seminggu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com