Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Empat Petunjuk bagi Orangtua yang Memiliki Anak Gemuk

Kompas.com - 29/10/2016, 15:20 WIB

KOMPAS.com — Anak yang kegemukan cenderung merasa rendah diri karena besarnya tekanan dari masyarakat terhadap penampilan dan kelangsingan tubuh.

Orangtua yang memiliki anak gemuk seharusnya memiliki cara khusus untuk memberikan perhatian kepada anaknya. Caranya, berbicaralah dengan si kecil secara langsung, terbuka, dan tanpa menghakimi. Nah, berikut ini nasihatnya:

1. Jadilah seorang model bagi anak

Bila ingin mengajak anak untuk memiliki gaya hidup sehat, pastikan diri kita juga menerapkan hal tersebut. Dalam hal ini, contoh nyatanya adalah pastikan gaya hidup Anda sendiri tidak mengarah pada makan berlebihan dan membuat anak jadi tidak aktif.

Misalnya, janganlah memesan kentang goreng jika Anda tidak menginginkan anak memakannya. Jangan pula membeli biskuit atau cokelat jika Anda tidak menginginkan anak mengemil. Mudah, bukan?

2. Buatlah acara makan sebagai suatu akvitas tersendiri

Makan ya makan. Bukannya sambil menonton, mengemudikan kendaraan, atau berjalan ke sana-sini. Nah, jadi pastikan jangan sampai anak kita makan sambil melakukan aktivitas lainnya. Menonton televisi, misalnya. Sebab, hal itu bisa menimbulkan masalah baru nantinya.

Menurut dr Lauren Levine, dokter anak pada Columbia Doctors Midtown di New York City, anak-anak yang makan sambil menonton televisi tidak dapat memperhatikan perasaan kenyang pada dirinya. "Mereka hanya akan makan tanpa berpikir," ujarnya.

3. Batasi waktu menonton televisi hingga bermain komputer

Terdapat beberapa penelitian yang menyatakan adanya hubungan waktu menonton televisi, apalagi digabungkan dengan waktu makan, dengan obesitas. Nah, oleh karena itu, seharusnya kita tidak menaruh televisi dalam kamar tidur anak.

Tak hanya itu, semua anak juga perlu membatasi waktu menonton televisi, bermain video game, dan komputer. Sebab, ketiga hal ini akan membuat anak jadi kurang aktif secara fisik. Kalau sudah tak aktif, tentu peluang naiknya berat badan akan semakin meningkat.

4. Fokus pada sasaran yang positif

Sebagai orangtua kita harus membantu anak memfokuskan pada sasaran yang positif. Misalnya, membantu si kecil untuk fokus bersepeda selama 20 menit tanpa menjadi lelah. Bisa juga mencoba adu lari bersama anak lain pada waktu pendidikan jasmani. (Intisari-online/Ilham Pradipta)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com