Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiga Pantangan Wanita Setelah Berhubungan Seks

Kompas.com - 07/11/2016, 20:40 WIB
Kontributor Health, Dhorothea

Penulis

KOMPAS.com — Ada sejumlah tips dari ahli untuk menjaga kesehatan organ intim wanita, terutama setelah berhubungan seksual.

Ahli ginekologi dari Kansas, Leslie EF Page, mengatakan, organ intim jadi lebih berisiko terkena infeksi setelah penetrasi seksual. Untuk mencegahnya, tiga hal ini harus dihindari segera setelah berhubungan seks:

1. Menyabuni
Bila merasa perlu menyegarkan organ intim setelah seks, pastikan jangan menggunakan sabun. Memang terdengar bersih, tetapi sabun merugikan kesehatan organ intim. Sabun tak hanya berisiko menimbulkan reaksi alergi, sabun pun menyebabkan iritasi dan kekeringan pada vagina," kata ahli kebidanan Robert Wool.

Saat mandi, bersihkan organ intim hanya dengan air. "Vagina adalah organ yang dapat membersihkan diri sendiri dan harus dirawat dengan lembut," kata Page.

2. Lupa buang air kecil
Buang air kecil setelah berhubungan seks itu penting. Selama berhubungan seks itu, bakteri dapat masuk ke dalam kandung kemih. "Hal ini dapat menyebabkan infeksi kandung kemih pasca-hubungan seks," kata Wool. "Kosongkan kandung kemih dalam satu jam setelah seks," tambahnya.

3. Berendam di air panas
Berendam dalam air panas setelah berhubungan seks terdengar sempurna, tetapi kurang menguntungkan untuk organ intim perempuan. Ini berarti membuat Anda terpapar bakteri di kulit dan anus sementara paparan air dapat mengurangi efisiensi pelindung antimikroba di kulit.

"Ketika vulva membengkak sebagai respons terhadap stimulasi seksual, ini mengungkap pembukaan vagina yang berarti Anda lebih berisiko terkena infeksi," ujar Page.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com