Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/11/2016, 08:15 WIB
Lily Turangan

Penulis

Sumber Shape

KOMPAS.com - Usus Anda seperti hutan belantara, menjadi rumah bagi ekosistem berbagai jenis bakteri, baik bakteri yang ramah dan berguna untuk kesehatan maupun yang berbahaya.

Kumpulan bakteri atau mikrobiome ini punya pengaruh besar terhadap banyak hal di dalam kehidupan, misalnya dalam bagaimana otak Anda bereaksi terhadap stres, nafsu makan, bahkan menentukan kehalusan kulit Anda. Inilah enam pengaruh koloni bakteri usus terhadap kesehatan Anda secara keseluruhan.

Pinggang yang ramping

Sekitar 95 persen dari microbiome manusia ditemukan dalam usus. Semakin beragam bakteri usus, semakin kecil kemungkinan Anda menjadi gemuk, menurut penelitian yang dimuat dalam jurnal Nature.

Penelitian lain menunjukkan, bahwa mikroba usus dapat memicu keinginan makan suatu makanan tertentu.

Mikrobiome usus membutuhkan nutrisi yang berbeda untuk tumbuh. Misalnya, mereka tidak mendapatkan cukup gula atau lemak maka mereka akan memengaruhi saraf vagus Anda (penghubung usus dengan otak). Hasilnya, Anda jadi ingin makanan manis dan berlemak, demikian kata peneliti dari UC San Francisco.

Lebih sehat, lebih panjang umur

Semakin usia bertambah, populasi microbiome Anda semakin meningkat meningkat. Mikrobiome tambahan akan hadir dan mengaktifkan sistem kekebalan tubuh, termasuk meningkatkan risiko peradangan, penyakit jantung dan kanker dan penyakit karena usia, kata peneliti di Buck Institute.

Agar flora usus tetap sehat, konsumsila probiotik dan terapkan pola makan seimbang sehingga Anda lebih sehat dan risiko peradangan turun.

Mood lebih baik

Mikrobiome usus Anda dapat berkomunikasi dengan otak, menyebabkan perubahan suasana hati dan perilaku.

Sebuah penelitian di Kanada mencoba memberikan bakteri usus dari tikus agresif kepada tikus pencemas. Hasilnya, tikus pencemas menjadi lebih agersif.

Ada juga penelitian yang menyebutkan, bahwa wanita yang mengonsumsi yoghurt probiotik secara teratur, mengalami penurunan kadar stres di area otaknya.

Kulit lebih sehat

Para ilmuwan UCLA mengidentifikasikan ada dua strain bakteri usus yang berhubungan dengan jerawat dan satu strain yang terkait dengan kulit yang sehat.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com