Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/12/2016, 12:00 WIB
Kontributor Health, Dhorothea

Penulis

KOMPAS.com - Dua orang sahabat bertemu untuk satu tujuan mulia di Hari AIDS sedunia. Pangeran Harry dan Rihanna menjalani tes HIV agar masyarakat tahu mudahnya mengikuti tes itu.

Pangeran tampan dari Kerajaan Inggris ini menghadiri acara Man Aware di Barbados selama tur dua pekan di Kribia. Ia menjalani tes HIV sebagai bagian dari upaya mendorong masyarakat mengikuti tes dan berbicara soal HIV/AIDS. Demikian rilis dari Istana Kensington.

Penyanyi Rihanna pun bergabung dengan sang pangeran untuk tes HIV. Sebuah video mempertontonkan Sang Pangeran dites terlebih dulu.

Harry sempat bercanda dengan petugas medis yang melakukan tes terhadapnya agar tak mengambil seluruh darahnya.

Kerja sosial Harry ini merupakan bagian dari upaya penghilangan stigma bagi yang menjalani tes ini. Pada Juli lalu, ia menjalani tes HIV secara langsung di Facebook yang disaksikan oleh dua juta pemirsa. Hal ini, menurut Terrence Higgins Trust, menggerakan masyarakat untuk meminta tes gratis yang dilangsungkan di rumah.

Bersama dengan Rihanna, diharapkan kampanye ini makin menggerakkan orang untuk tahu betapa mudah dan pentingnya tes HIV.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com