Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pria Inggris Ini Terkena Stroke Setelah Potong Rambut di Salon

Kompas.com - 14/12/2016, 19:01 WIB
Kontributor Health, Dhorothea

Penulis

KOMPAS.com - Seorang pria Inggris mendapat serangan stroke setelah pergi potong rambut. Rupanya terjadi pembekuan darah di kepala ketika ia dicuci rambutnya.

Dave Tyler, seorang sound engineer berusia 45, mengalami sakit kepala, tubuh mati rasa dan terjatuh saat rapat bisnis dua hari setelah pergi ke salon di Brighton, Inggris.

Dokter mengatakan Tyler yang dibayar kompensasi 90.000 pound oleh salon tersebut mengalami sindrom beauty parlour.

Kejadian berbahaya tapi langka ini, berawal ketika satu dari arteri utama di leher terulur terlalu panjang serta sobek. Alhasil terjadi pembekuan darah yang membatasi asupan darah ke otak. Ayah dua anak ini dirawat di rumah sakit selama tiga bulan setelah kejadian itu.

Ia masih mengalami nyeri, menggunakan tongkat dan tak lagi menyetir karena komplikasi penglihatan yang disebabkan oleh serangan stroke tersebut.

Ketika terjatuh, ia merasa "seluruh tubuh samping mati rasa". Sementara menunggu ambulan matanya berputar.

Dokter di National Hospital for Neurology and Neurosurgery di London, tempat ia dirawat menanyai apakah ia baru saja memotong rambut.

Risiko stroke di salon ini menurut Stroke Association Inggris "sangat kecil". Tetapi sejumlah kasus yang disebut sindrom beauty parlor ini terjadi berulang kali selama bertahun-tahun.

Elizabeth Smith, seorang wanita berusia 48 tahun dari California menderita stroke serius setelah rambutnya dicuci selama 10 menit pada 2013.

Pada 1997 seorang wanita 42 tahun menderita stroke ketika rambutnya dicuci di salon, menurut laporan di jurnal The Lancet.

Istilah sindrom beauty parlor pertama digunakan pada 1993 oleh seorang dokter saraf AS, Dr Michael Weintraub.

Ia menerbitkan sebuah survei yang menggambarkan lima kejadian terpisah di mana wanita usia antara 54 dan 84 tahun dirawat di rumah sakit setelah rambutnya dicuci di salon.

Empat dari lima wanita itu menderita stroke yang menyebabkan kerusakan permanen di otak.

Tyler menyerukan kesadaran akan risiko stroke ini di kalangan para penata rambut dan kemungkinan bagi konsumen untuk cuci rambut dengan wajah menghadap ke depan.

Sementara ada saran lain bagi penata rambut untuk menyediakan bantalan di tempat cuci rambut.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com