Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/01/2017, 16:20 WIB

BANDUNG, KOMPAS.com - Mesin anestesi yang mudah digunakan dan memberi informasi akurat akan kondisi pasien sangat membantu tugas dokter bedah dan dokter anestesi di ruang operasi. Semakin banyak informasi yang diberikan mesin anestesi, semakin aman operasi tersebut.

"Dokter anestesi harus bekerja dengan sangat presisi, terutama mengenai dosis obat yang diberikan. Selian itu diperlukan alat monitor yang canggih dari mesin anestesi. Semakin canggih, semakin aman bagi pasien," kata dr.Erwin Pradian, Sp.An dalam acara diskusi media dalam peluncuran inovasi terbaru dari GE Healthcare di Bandung (26/1/2017).

Selama pasien dianestesi, ada beberapa indikator yang perlu dimonitor oleh dokter anestesi, mulai dari tekanan darah, denyut nadi, jantung, pernapasan, suhu tubuh, dan juga keseimbangan cairan.

"Alat anestesi yang bisa memonitoring fungsi organ pasien secara akurat sangat penting di ruang operasi. Selain faktor riwayat kesehatan pasien dan keahlian dokternya, keberadaan alat monitor juga memengaruhi keberhasilan operasi," kata Erwin.

Peralatan anestesi yang lengkap namun mudah digunakan, menurut Erwin bisa membantu dokter lebih fokus dalam penanganan pasien ketimbang sibuk menjalankan peralatan yang rumit.

"Sebelum tahun 2000, angka kegagalan operasi di dunia cukup besar. Namun sejak ditemukan alat-alat yang canggih, salah satunya pulse oksimetri untuk mengetahui kadar oksigen dalam darah, keamanan operasi bisa ditingkatkan secara signifikan," kata dokter yang menjadi Kepala Instalasi Rawat Intensif RS Hasan Sadikin Bandung ini.

Terbaru

Produsen alat-alat kedokteran GE Healthcare meluncurkan mesin anestesi Carestation CS600 Series, yaitu Carestation 620 dan 650, yang ditujukan untuk pasar negara berkembang.

Winston Poh, GM Life Care Solution GE Healthcare ASEAN mengatakan, kedua mesin anestesi terbaru ini dapat digunakan di berbagai rumah sakit, mulai dari tipe A sampai tipe D. "Alatnya mudah dioperasikan dan disesuaikan dengan kebutuhan di lapangan," katanya dalam acara yang sama.

Poh menjelaskan, fitur-fitur di kedua mesin anestesi itu sangat lengkap dan memudahkan dokter karena menampilkan semua parameter penting saat operasi.

"Notifikasinya bukan cuma alarm tetapi juga memiliki software yang canggih sehingga dapt memberi saran kepada dokter sehingga tindakan yang diberikan bisa lebih cepat," ujarnya.

Ia mengatakan, untuk mendukung industri kesehatan yang sedang berkembang GE Healthcare akan dipasarkan ke seluruh Indonesia, terutama ke rumah sakit yang memiliki ruangan operasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com