Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 06/02/2017, 11:39 WIB

KOMPAS.com - Jika Anda sedang menjalani program kehamilan, mengetahui kapan masa subur dan menjaga pola makan sehat saja belum cukup demi terjadinya kehamilan. Yang tidak kalah penting adalah menjaga berat badan.

Beberapa penelitian menyimpulkan bahwa calon ibu yang kegemukan atau terlalu kurus lebih sulit kegemukan. Namun, menurut studi terbaru jika pasangan suami istri sama-sama kegemukan, maka mereka butuh waktu lebih lama untuk bisa hamil.

Kebanyakan studi hanya difokuskan pada pihak perempuan, padahal faktor pria juga berpengaruh sama besarnya pada keberhasilan kehamilan.

Kelebihan berat badan dapat menimbulkan komplikasi seperti tekanan darah tinggi dan diabetes selama hamil. Kelebihan berat badan pada pria juga menghambat kerja hormon reproduksi yang berpengaruh pada jumlah sperma dan meningkatkan presentasi sperma yang abnormal.

Sama seperti kelebihan berat badan, berat badan yang kurang alias terlalu kurus juga mengurangi kesuburan.

Menurunkan berat badan bisa dilakukan dengan mengatur asupan makanan dan meningkatkan aktivitas fisik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com