Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/02/2017, 07:25 WIB
Ayunda Pininta

Penulis

Sumber The Sun

KOMPAS.com - Menjadi seorang vegetarian banyak dipilih mereka yang ingin hidup sehat dan menurunkan berat badan. Namun hati-hati, salah pilih menu vegetarian justru bisa membuat berat badan naik.

Diet vegetarian, di mana seseorang tak mengonsumsi protein hewani sama sekali, memang bisa memberikan banyak manfaat bagi kesehatan, seperti kulit menjadi lebih cerah, rambut bisa lebih bersinar, tingkat energi yang cenderung lebih stabil, hingga tercapainya berat badan ideal.

Namun, diet vegetarian dengan pilihan menu tak seimbang justru bisa membuat tubuh menjadi gemuk.

Ahli gizi Monica Auslander, MS, RD, sekaligus pendiri Essence Nutrition mengatakan, diet vegetarian yang penuh dengan menu makanan karbohidrat olahan seperti nasi putih dan roti putih akan melonjakkan kadar gula dalam darah.

Apakah Anda vegetarian atau tidak, mengonsumsi karbohidrat olahan dalam jumlah banyak menyebabkan penumpukan gula, gula sendiri dapat memicu penumpukan lemak.

“Mengonsumsi terlalu banyak gula dapat menyebabkan produksi insulin berlebih. Insulin akan menyimpan kelebihan energi dari gula ke dalam sel lemak. Itu sebabnya tubuh dapat menyimpan lebih banyak lemak,” katanya.

Auslander menekankan, memilih gaya hidup vegetarian atau vegan adalah benar-benar keputusan yang perlu dipertimbangkan, bukan sekadar hanya meninggalkan daging. Makan ikan justru lebih baik ketimbang menjadi vegetarian yang makan protein nabati dengan banyak nasi putih atau roti putih.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com