Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/02/2017, 21:31 WIB
Ayunda Pininta

Penulis

Sumber The Sun

KOMPAS.com — Duduk lama menonton televisi atau bermain gadget takkan merugikan kesehatan anak selama orangtua memastikan anak-anak mereka mendapatkan waktu yang cukup untuk bermain di luar ruangan dan olahraga, ungkap sebuah penelitian.

Dr Christopher Ferguson, psikolog asal Florida, mempelajari lebih dari 6.000 anak-anak hingga remaja dan menemukan hubungan yang kecil antara penggunaan komputer dan televisi dalam jangka waktu enam jam per hari dan risiko meningkatnya depresi dan kenakalan.

Dr Ferguson mengatakan, menghabiskan waktu yang lama di depan layar hanya akan memengaruhi kesejahteraan fisik jika anak-anak hanya mendapatkan sedikit waktu untuk berolahraga.

Dia menambahkan, "Jika rekomendasi untuk kegiatan fisik terpenuhi, waktu yang dihabiskan di depan layar tidak lagi berhubungan dengan obesitas."

Agar sehat, anak-anak sebaiknya menghabiskan waktu untuk bermain di luar setidaknya 30 menit setiap hari, yang bisa diisi dengan berolahraga atau melakukan aktivitas permainan fisik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com