Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 22/02/2017, 09:03 WIB
Dian Maharani

Penulis

Sumber BOLDSKY

KOMPAS.com - Memakai lensa kontak sebagai pengganti kacamata tak lepas dari berbagai risiko gangguan kesehatan mata. Pengguna lensa kontak bisa mengalami infeksi mata hingga kerusakan kornea.

Jika memutuskan untuk memakai lensa kontak, pastikan aman untuk kesehatan mata. Seperti dikutip dari Boldsky, setidaknya ada 5 kesalahan saat memakai lensa kontak yang harus dihindari

1. Memakai lensa kontak dalam waktu lama
Hindari memakai lensa kontak lebih dari 10-12 jam. Pemakaian dalam waktu lama dalam sehari dapat menghalangi kornea mata mendapatkan oksigen.

Kondisi itu juga membuat kuman dapat bertahan hidup. Beberapa orang pernah dilaporkan hampir mengalami kebutaan akibat memakai lensa kontak lebih dari 10 jam

2. Asal menyentuh lensa kontak dengan tangan
Ini adalah kesalahan yang paling umum terjadi. Banyak orang merasa tangannya tidak kotor dan dengan asal menyentuh lensa kontaknya. Padahal, bisa saja tangan penuh debu dan bakteri, sehingga dapat menyebabkan infeksi.

Untuk itu, sebelum menyentuh lensa kontak, pastikan tangan Anda bersih dengan mencuci tangan pakai sabun.

3. Tidur pakai lensa kontak
Tidur pakai lensa kontak tak hanya membuat rasa tidak nyaman, tetapi juga risiko infeksi. Kornea mata akan gagal menerima jumlah oksigen yang dibutuhkan. Jadi, jangan sampai ketiduran saat masih memakai lensa kontak.

4. Berenang pakai lensa kontak
Penggunaan lensa kontak saat berada di dalam air, seperti berenang juga harus dihindari. Tanpa disadari, banyak bakteri berkembang di dalam air. Kondisi itu bisa meningkatkan risiko infeksi pada mata.

5. Membersihkan lensa kontan dengan air keran
Orang yang memakai lensa kontak harus memiliki kebiasaan higienis. Jangan pernah sekali-kali membersihkan lensa kontak menggunakan air keran. Lagi-lagi kandungan bakteri dalam air keran bisa menyebabkan infeksi.

Bila sudah terasa sakit atau tidak nyaman, sebaiknya hentikan pemakaian lensa kontak. Rutinlah memeriksakan kesehatan mata.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com