Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/03/2017, 07:35 WIB
Dian Maharani

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pengapuran sendi atau dalam istilah medis disebut osteoarthritis merupakan masalah sendi yang paling sering terjadi. Osteoarthitis disebabkan oleh kerusakan pada tulang rawan yang terletak di antara tulang.

Dokter spesialis ortopedi Adib Khumaidi menjelaskan, tulang rawan itu pun rusak akibat keausan sendi. Bila tidak diatasi, lama-kelamaan tulang rawan akan menipis.

"Semakin tipis tulang rawannya akhirnya tulang ketemu tulang. Itu yang bikin sakit," ujar Adib dalam diskusi dalam acara peluncuran program Sayangi Sendi oleh PT Kalbe Farma di Kantor PB IDI, Jakarta, Kamis (2/3/2017).

Untuk itu, ada beberapa tanda-tanda terjadinya pengapuran sendi. Pertama, yang pasti akan terasa sakit saat melakukan gerakan berlebihan. Pengapuran umumnya terjadi pada daerah lutut. Jadi bisa terasa nyeri ketika berjalan.

Kedua, terjadi kekakuan dan pembengkakkan sendi. Hal itu terjadi karena peradangan pada sendi. Adib mengatakan, gejala ini biasanya muncul saat kerusakan tulang rawan sendi semakin parah.

Ketiga, mengalami krepitasi atau bunyi gemeretak pada persendian. Keempat, bisa kehilangan fleksibilitas akibat selalu merasa nyeri.

Adib mengatakan, bertambahnya usia seseorang merupakan faktor risiko pengapuran sendi. Namun, usia muda pun bisa mengalami osteoartritis karena faktor gaya hidup, seperti obesitas dan sering cedera.

Kegemukan bisa memberikan beban berlebih pada lutut. Selain itu, kebiasaan kurang gerak, lanjut Adib, juga bisa menyebabkan kekakuan sendi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com