Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nyeri Punggung Bisa Jadi Tanda 5 Masalah Serius Ini

Kompas.com - 06/03/2017, 14:00 WIB
Dian Maharani

Penulis

KOMPAS.com - Nyeri punggung dapat dialami oleh siapa saja. Umumnya disebabkan oleh otot yang keseleo atau tegang.  Nyeri punggung biasanya memang akan hilang dengan sendirinya, tanpa perlu ke dokter.

Namun, menurut Assistant Clinical Professor di Rehabilitation and Regenerative Medicine, Columbia University Medical Center, Allen Chen, MD ada beberapa kemungkinan nyeri punggung bukanlah masalah biasa.

Bila Anda mengalami nyeri punggung disertai masalah berikut ini, mungkin ada yang tidak beres pada kesehatan.

1. Sindrom cauda equina
Seperti dikutip dari Prevention.com, nyeri punggung pada bagian bawah bisa jadi sinyal kondisi sindrom cauda equina. Sindrom ini merupakan gangguan langka yang mempengaruhi akar saraf di tulang belakang bagian bawah.

Bila tidak segera ditangani, sindrom cauda equina bisa menyebabkan kelumpuhan, masalah pada kandung kemih dan usus, hingga masalah seksual. Waspadai bila nyeri punggung tak kunjung hilang.

2. Tumor tulang belakang
Orang yang mengalami sakit punggung biasa umumnya dapat menyesuaikan posisi tidur untuk meringankan nyeri. Namun, ada beberapa orang yang tidak bisa mengatasi nyeri punggung dengan mengatur posisi sehingga akan terus terasa nyeri sepanjang malam.

Bila hal itu terjadi, waspadai kemungkinan adanya tumor di tulang belakang atau infeksi di tulang belakang.

3. Serangan jantung
Bila Anda sulit mengetahui letak nyeri pada punggung dan terjadi secara tiba-tiba bisa jadi tanda serangan jantung.

Menurut American Heart Association, serangan jantung bisa menyebabkan nyeri yang menjalar dari dada hingga ke punggung. Segera ke dokter, apalagi jika disertai sesak napas, mual, nyeri di rahang, dan rasa kelelahan yang luar biasa.

4. Radang tulang punggung
Nyeri punggung bisa jadi gejala ankylosing spondylitis atau peradangan di tulang punggung. Bila nyeri punggung terasa lebih dari 30 menit dan semakin memburuk, bahkan sampai sulit bergerak, Anda perlu bertanya-tanya kemungkinan ada masalah lain. Jangan diabaikan, sebab kondisi tersebut bisa meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke.

5. Patah tulang belakang
Patah tulang belakang tentu saja bisa menimbulkan rasa nyeri di punggung. Apalagi jika sebelumnya Anda mengalami kecelakaan, atau didiagnosis osteopenia maupun osteoporosis sebelumnya.

Fraktur tulang belakang bisa membuat postur bungkuk, masalah pencernaan, hingga kesulitan bernapas. Anda mungkin membutuhkan terapi fisik setelah pengobatan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com