Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kebanyakan Wanita Indonesia Tidak Rutin Berolahraga

Kompas.com - 08/03/2017, 21:31 WIB

KOMPAS.com - Manfaat olahraga untuk kesehatan tubuh sudah banyak terbukti, mulai dari menjaga kesehatan jantung, mencegah penyakit kronis seperti diabetes dan jantung, dan mengenyahkan stres.

Selain itu, olahraga juga terbukti dapat membuat kita tidur nyenyak, membuat metabolisme bekerja lebih efisien, hingga menjaga kesehatan otot, tulang, dan sendi.

Sayangnya, survey kesehatan Wanita Indonesia 2017 yang diselenggarakan oleh Fonterra Brands Indonesia dan Perhimpunan Osteoporosis Indonesia (PEROSI) mengungkap, bahwa 8 dari 10 wanita tidak berolahraga secara rutin. Bahkan, 9 dari 10 wanita tidak mengonsumsi makanan bergizi.

Padahal, dari survey tersebut, lebih dari 90% wanita Indonesia menyadari bahwa gaya hidup sehat dan aktif bermanfaat untuk mengurus keluarga dan tetap berperan aktif di masyarakat.

Meski 76% wanita mengklaim diri mereka aktif, nyatanya faktor kesehatan, nutrisi, dan olahraga bukanlah prioritas utama.

Menurut dr. Andi Kurniawan Sp.KO, Spesialis Kedokteran Olahraga, Sekretaris Jenderal PEROSI, kurangnya olahraga menyebabkan meningkatnya masalah kesehatan yang berkaitan dengan tulang, sendi, dan otot.

“Hampir 60% wanita menderita sakit punggung dan otot. Jika dibiarkan, ini tentu bisa menurunkan kualitas hidup,” ujarnya dalam acara peluncuran formula baru Anlene MoveMax dan Anlene #TetapBisa di Intercontinental Midplaza Hotel, Jakarta (8/3).

Dokter Andi menambahkan, salah satu faktor penting yang harus dilakukan untuk mencegah penyakit otot, tulang, dan sendi adalah olahraga teratur dan terukur.

“Mengerjakan pekerjaan rumah berbeda dengan olahraga. Kuncinya olahraga itu 30 menit per hari, 5 kali seminggu."

"Tapi, kalau sebelumnya tidak pernah berolahraga, bisa dimulai dari 15 menit dan pilih olahraga ringan seperti berjalan atau berenang. Nanti intensitasnya ditambah perlahan,” jelasnya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com