Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sayuran, Lebih Sehat Dimakan Langsung Ketimbang Dijus

Kompas.com - 20/03/2017, 17:29 WIB
Ayunda Pininta

Penulis

Sumber SELF

KOMPAS.com - Manfaat sehat sayuran akan lebih banyak didapat bila Anda memakannya ketimbang meminumnya dalam bentuk jus.

Jus sayuran telah menjadi tren kesehatan baru yang gemari. Dinilai sangat efektif dalam "membersihkan" hingga mengoptimalkan kinerja organ pencernaan.

Namun, menurut Brigitte Zeitlin, MPH, RD, CDN, spesialis gangguan pencernaan, diabetes, manajemen berat badan dan nutrisi perempuan, “janji” itu terdengar terlalu bagus untuk menjadi kenyataan.

Saat sayuran diubah menjadi minuman, Anda akan kehilangan banyak nutrisi sehingga merasa lebih cepat lapar setelahnya, papar Zeitlin.

Buah-buahan dan sayuran yang digunakan dalam jus tidak lagi memiliki manfaat kesehatan yang sama dengan sayuran yang dikunyah langsung di dalam mulut. Alasan utamanya ialah karena jus menghancurkan serat sayuran.

“Serat merupakan salah satu unsur penting dalam sayuran yang membantu Anda merasa kenyang dengan sehat, meningkatkan kesehatan usus, membantu mengatur gula darah, melawan penyakit kronis (seperti kanker dan diabetes), dan membantu Anda mempertahankan berat badan yang sehat,’ kata Zeitlin.

“Sayangnya, selain menghilangkan serat, proses pembuatan jus sayuran juga dapat menghancurkan beberapa vitamin dan mineral, sehingga yang tersisa hanyalah kandungan gula,” imbuhnya.

Terutama bila Anda membeli jus kemasan, walaupun label mengatakan "tidak ada tambahan gula," jus tersebut masih mengandung konsentrasi gula dari buah-buahan dan sayuran.

Sehingga, minum jus sayuran kemasan justru akan menyebabkan kadar gula darah naik drastis, membuat Anda lapar, dan akhirnya menyebabkan Anda makan berlebihan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com