Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Membuat Masker Kain Nonmedis Kurang dari 20 Menit

Untuk mencegah penularan virus corona, orang sehat juga disarankan menggunakan masker nonmedis atau masker kain.

Masker kain memang tidak seefektif masker bedah atau respirator dalam mencegah penularan penyakit.

Namun, melihat penyebaran Covid-19 yang kian masif, penggunaan masker kain disebut lebih baik ketimbang tidak menggunakan masker sama sekali.

Sejumlah ahli di bidang kesehatan telah membagikan cara untuk membuat masker kain nonmedis dari bahan yang tersedia di rumah.

Ahli otorinolaringologi berbasis di Los Angeles, AS, Shawn Nasseri menyampaikan, banyak barang di rumah yang bisa digunakan sebagai bahan pembuatan masker.

Bahan tersebut dapat mengurangi paparan virus. Namun, Anda perlu mempertimbangkan untuk membuat masker setidaknya dua lapis agar lebih efektif.

"Buat masker yang benar-benar pas menutup mulut dan hidung sebagai celah masuknya virus," jelas Nasseri, seperti dilansir Business Insider (28/3/2020).

Cara bikin masker kain

Berikut cara membuat masker kain nonmedis yang mudah dan sederhana:

1. Siapkan bahan katun, lap dapur, atau kain seprai serta sepasang pita elastis atau karet gelang.

2. Gunting kain membentuk dua persegi panjang horizontal dengan ukuran 22,8 cm x 15,2 cm (untuk dewasa) atau 19 cm x 12,7 cm (untuk anak-anak).

3. Satukan kedua sisi kain, lalu jahit dari sisi samping. Kemudian selipkan ujung-ujung pita elastis ke sisi atas dan bawah sudut sisi kain yang dijahit bagian dalam. Jahit ulang agar ujung pita elastis menempel sempurna.

4. Ulangi lagi untuk sisi kain sebelahnya. Jangan lupa untuk menjahit berulang masing-masing ujung pita elastis ke sudut sisi masker agar tidak mudah terlepas.

5. Setelah itu, jahit sisi masker bagian atas. Sekali lagi, jahit ujung terdekat pita elastis agar lebih kuat.

6 Lalu, jahit sisi masker bagian bawah. Sekali lagi, jahit ujung terdekat pita elastis agar lebih kuat. Sebelum merampungkan jahitan, balik jahitan sehingga pola utama masker berikut tali elastisnya sudah terpasang sempurna.

7. Untuk sentuhan akhir, bagi sisi samping masker menjadi tiga bagian (pastikan pola lancipnya searah), lalu jahit ulang.

8. Bergantian untuk sisi samping masker yang lain, terapkan langkah nomot tujuh. Lalu jahit bagian tepi masker dua kali agar jahitan lebih kuat.

Anda yang ingin melihat video tutorial pembuatan masker nonmedis bisa menyimak lewat tautan dari Deaconess Health System berikut:

https://youtu.be/9tBg0Os5FWQ

Menurut Deaconess Health System, masker kain nonmedis sebaiknya dicuci sampai steril agar tetap aman digunakan berulang kali.

Keseluruhan proses pembuatan masker kain nonmedis ini memakan waktu tak lebih dari 20 menit.

Walaupun sudah ada panduan cara membuat masker nonmedis untuk melindungi diri dari virus corona, langkah terbaik untuk mencegah Covid-19 adalah tinggal di rumah.

Selain itu, Anda juga perlu menjaga jagak aman satu meter dari orang lain saat di luar rumah, rajin cuci tangan pakai sabun dengan benar, dan menjaga daya tahan tubuh.

https://health.kompas.com/read/2020/04/04/121200368/cara-membuat-masker-kain-nonmedis-kurang-dari-20-menit

Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke