Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Alasan Asam Urat Lebih Mungkin Serang Pria

KOMPAS.com – Penyakit gout atau asam urat adalah penyakit yang identic dengan gejala nyeri sendi, terutama di bagian jempol kaki.

Nyeri sendi ini disebabkan oleh tusukan kristal-kristal tajam yang terbentuk akibat penumpukan zat asam urat.

Jika kadar asam urat dalam darah melebihi batas normal, maka zat ini akan masuk ke organ-organ tubuh, khususnya sendi dan membentuk kristal.

Selain jempol kaki, nyeri sendi akibat asam urat biasanya dapat timbul di pergelangan kaki, dan kadang-kadang di sendi lutut, tangan, siku, atau bahu.

Alasan asam urat lebih sering dialami pria daripada wanita

Di banding wanita, pria ternyata lebih mungkin mengembangkan penyakit asam urat.

Jika asam urat menyerang wanita, maka pada umumnya wanita yang menderita penyakit tersebut adalah sudah menopause.

Melansir Buku Asam Urat: Benarkah Hanya Menyerang Laki-laki? (2009) oleh dr. Nyoman Kertia, Sp.PD-KR, penyakit asam urat lebih banyak dialami pria ketimbang wanita karena pria tidak mempunyai kadar hormon estrogen yang tinggi di dalam darahnya.

Hal itu membuat asam urat pada pria lebih sulit dikeluarkan melalui kencing dan risikonya adalah kadar asam urat darahnya bisa menjadi tinggi.

Pada wanita yang belum menopause, maka kadar hormon estrogen dalam darahnya cukup tinggi.

Hormon ini dapat membantu pengeluaran asam urat darah melalui kencing, sehingga kadar asam urat wanita yang belum menopause pada umumnya normal.

Jika didapati ada wanita yang belum menopause tapi mengalami penyakit asam urat, kemungkinan ada kondisi lain yang telah memicunya.

Misalnya, wanita muda yang kedua indung telurnya sudah diangkat (dioperasi dan dikeluarkan dari tubuh), maka sebaiknya rajin-rajin memeriksa kadar asam urat darahnya.

Pasalnya, bisa jadi kadar asam urat darahnya cepat meninggi karena pengaruh kadar hormon estrogen yang rendah setelah dilakukan pengangkatan kedua indung telur.

Prosedur operasi pengangkatan indung telur (ooforektomi) adalah tindakan medis yang bisa saja dijalani wanita karena kondisi tertentu.

Beberapa kondisi yang memerlukan operasi ooforektomi, yakni:

Pengaruh hormon androgen juga 

Selain karena memiliki kadar hormon estrogen yang rendah, pria lebih sering terserang asam urat karena mempunyai hormon androgen lebih banyak ketimbang wanita.

Meskipun belum ada penelitian skala besar tentang pengaruh hormon androgen (hormon laki-laki) terhadap tingginya kadar asam urat darah, tetapi banyak ahli memperkirakan bahwa hormon tersebut berhubungan dengan peningkatan kadar asam urat pada pria.

Pada usia kanak-kanak, seorang pria hanya mempunyai kadar hormon androgen yang rendah di dalam darahnya.

Sementara, pada usia remaja atau pubertas, mereka mulai menunjukkan peningkatan produksi hormon androgen, sehingga kadar hormon ini dalam darahnya cenderung mulai meninggi.

Sedangkan,pada usia setengah baya, kadar hormon androgen pria mulai stabil tinggi, sehingga kadar asam urat dalam darahnya juga bisa tinggi dan berisiko menimbulkan gejala asam urat.

Dari sini, dapat dipahami bahwa asam urat pada pria cenderung lebih mungkin dialami ketika sudah beranjak usia 40 tahum.

https://health.kompas.com/read/2020/10/10/193100168/alasan-asam-urat-lebih-mungkin-serang-pria

Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke