Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

6 Gejala Arthritis di Buku-buku Jari dan Cara Mengatasinya

KOMPAS.com - Setiap tangan terdiri dari 27 tulang yang berbeda.

Ini termasuk delapan tulang karpal di bagian bawah tangan yang paling dekat dengan pergelangan tangan, lima tulang metakarpal panjang yang membentuk telapak tangan dan terhubung ke tulang karpal, dan 14 tulang falang yang membentuk jari.

Dilansir dari WebMD, buku-buku jari terbentuk pada pertemuan tulang metakarpal tangan dan tulang phalangeal proksimal atau set pertama dari tiga tulang phalangeal yang membentuk setiap jari. Area ini disebut sebagai sendi metacarpophalangeal (MCP).

Permukaan tulang metacarpal dan phalangeal yang membentuk buku-buku jari atau sendi MCP dilapisi dengan tulang rawan pelindung yang memberikan bantalan dan mencegah gesekan antara tulang dengan gerakan.

Pada arthritis, tulang rawan rusak dari waktu ke waktu, menyebabkan rasa sakit dan meningkatkan kesulitan menggerakkan sendi.

Dalam kasus yang parah, tulang rawan menjadi sangat aus sehingga tulang bergesekan langsung dengan tulang, menyebabkan peningkatan rasa sakit, peradangan, dan kerusakan sendi.

Kondisi arthritis, baik itu osteoarthritis (OA), rheumatoid arthritis (RA) maupun atau psoriatic arthritis (PsA) merupakan penyebab nyeri buku-buku jari yang paling umum terjadi.

Kondisi lain yang bisa juga menjadi penyebab nyeri buku-buku jari, termasu:

Gejala arthritis di buku-buku jari

Terdapat beberapa gejala umum arthrtitis atau radang sendi di buku-buku jari.

Ini mungkin termasuk:

1. Rasa nyeri

Melansir Very Well Health, nyeri sendi adalah gejala paling umum dari arthritis di buku-buku jari yang diakibatkan oleh kerusakan tulang rawan pada sendi MCP.

Kurangnya bantalan pelindung dan penyerapan goncangan dari hilangnya tulang rawan menyebabkan ujung tulang jari saling bergesekan dengan gesekan yang meningkat.

2. Nyeri tekan

Peningkatan rasa sakit dan peradangan yang diakibatkan oleh arthritis di buku-buku jari dapat menyebabkan nyeri tekan di sekitar buku-buku jari dan di jari-jari.

3. Kekakuan

Tulang rawan membantu memberikan bantalan di dalam sendi dan memungkinkan tulang “meluncur” dengan mulus satu sama lain.

Ketika tulang rawan rusak dengan arthritis di buku-buku jari, buku-buku jari dan sendi jari bisa menjadi kaku, membuat gerakan tangan dan jari menjadi sulit.

4. Penurunan rentang gerak

Arthritis pada buku-buku jari dapat menyebabkan penurunan rentang gerak pada sendi jari Anda. Hal ini bisa membatasi kemampuan Anda untuk mencubit, mencekram, dan menggenggam benda.

5. Pembengkakan

Arthritis di buku-buku jari dapat menyebabkan pembengkakan pada buku-buku jari Anda.

Pembengkakan bisa terjadi akibat peradangan yang disebabkan oleh peningkatan gesekan antara tulang jari dari degradasi tulang rawan.

Pembengkakan di dalam buku-buku jari juga dapat terjadi akibat proses inflamasi yang menyerang sendi yang terjadi dengan bentuk arthritis autoimun, seperti RA dan PsA.

6. Kelemahan

Arthritis pada buku-buku jari juga dapat menyebabkan kelemahan pada otot-otot tangan dan jari, terutama jika otot tidak sering digunakan atau jika menggerakkan sendi terasa nyeri.

Mungkin sulit untuk menentukan dengan tepat jenis nyeri buku jari yang Anda alami akibat radang sendi atau bukan.

Beberapa hal yang mungkin berguna dalam menjelaskan gejala Anda ke dokter meliputi:

Rasa sakit yang dalam dan menyakitkan di dalam persendian buku-buku jari
Peningkatan tekanan saat istirahat saat Anda tidak menggerakkan jari
Kekakuan yang mencegah Anda menggerakkan jari dengan mudah

Cara mengatasi nyeri arthritis di buku-buku jari

Pilihan pengobatan untuk nyeri arthritis pada buku-buku jari mencakup berbagai metode.

Pengobatan rumah untuk radang sendi buku jari mungkin dapat membantu meringankan gejala Anda.

Berikut beberapa cara mengatasi nyeri arthritis di buku-buku jari yang bisa dipertimbangkan:

1. Istirahat

Mengistirahatkan sendi jari dengan membatasi penggunaan tangan dan menghindari aktivitas seperti mencengkeram, menggenggam, dan mencubit berulang-ulang dapat membantu meringankan nyeri dan peradangan pada buku jari.

2. Gunakan hand splint

Mengenakan belat tangan (hand splint) diyakini dapat mengurangi rasa sakit dan peradangan pada buku-buku jari, terutama jika diperparah oleh aktivitas.

3. Terapi panas

Terapi panas paling baik digunakan untuk arthritis buku-buku jari kronis untuk membantu mengendurkan dan mengendurkan otot-otot yang tegang dan persendian yang kaku.

4. Terapi es

Menempelkan es ke jari diyakini dapat membantu meringankan rasa sakit dan peradangan di dalam sendi buku jari, terutama jika ada pembengkakan.

5. Konsumsi obat

Obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID) yang dijual bebas seperti ibuprofen diyakini dapat membantu mengelola gejala dan mengurangi rasa sakit.

6. Pereda nyeri topikal

Krim dan salep yang dijual bebas, terutama yang mengandung capsaicin (zat ekstrak dari cabai) dapat dioleskan ke tangan dan jari untuk membantu meredakan nyeri dengan mengurangi intensitas sinyal nyeri yang dikirim sepanjang jalur saraf.

7. Latihan

Peregangan dan latihan untuk tangan dan jari Anda diyakini dapat membantu meringankan rasa sakit, meningkatkan jangkauan gerak dan mobilitas sendi, dan meningkatkan kekuatan otot-otot tangan dan jari Anda.

Ketika gejala radang sendi di tangan Anda dan nyeri di buku-buku jari Anda terus berlanjut setelah mencoba pengobatan rumahan ini, Anda sebaiknya jangan ragu untuk bisa segera pergi ke dokter.

Dokter Anda mungkin meresepkan beberapa berikut perawatan untuk memperbaiki gejala Anda.

1. Obat resep

Obat dengan kekuatan lebih tinggi dapat diresepkan untuk mengurangi rasa sakit dan peradangan, termasuk obat anti-rematik pemodifikasi penyakit (DMARDs) jika Anda menderita RA.

2. Rehabilitasi

Dokter Anda mungkin merujuk Anda ke terapi fisik atau okupasi untuk meningkatkan mobilitas sendi jari Anda, meningkatkan kekuatan dan fleksibilitas otot tangan Anda, dan menerapkan modalitas terapi untuk mengurangi rasa sakit, kekakuan, dan pembengkakan.

3. Suntikan kortikosteroid

Dokter Anda mungkin menyarankan pemberian suntikan kortikosteroid ke dalam sendi buku-buku jari Anda untuk membantu mengurangi peradangan dan rasa sakit jika metode lain tidak efektif.

https://health.kompas.com/read/2021/09/09/150200468/6-gejala-arthritis-di-buku-buku-jari-dan-cara-mengatasinya

Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke