Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Orangtua Perlu Waspada, Ini Dampak Long Covid pada Anak

KOMPAS.com - Peningkatan kembali kasus Covid-19 dan munculnya varian Omicron membuat tidak hanya orang dewasa, tetapi juga anak-anak semakin rentan terhadap infeksi virus ini.

Pasien yang pernah dinyatakan positif Covid-19 dapat tetap menderita long covid atau kondisi di mana penyintas Covid-19 tetap merasakan gejala virus meski sudah dinyatakan negatif.

Meskipun sangat jarang, long covid dapat menyerang dan berdampak buruk bagi kesehatan fisik dan sosial anak-anak bila tidak segera ditangani oleh petugas medis.

Menurut sebuah studi oleh Pedriatic Pulmonology di 73 rumah sakit di Belanda yang memiliki departemen pedriatik, pasien anak yang menderita long covid memiliki sejumlah keluhan.

Keluhan paling umum meliputi:

  • kelelahan,
  • dispnea, 
  • kesulitan berkonsentrasi, 
  • penurunan kemampuan kognisi, dan
  • kehilangan ingatan.

Berdasarkan penelitian ini, gejala long covid akan terus ada selama 12 minggu setelah masa akut dari Covid-19.

Namun, studi lain di jurnal Acta Paedriatica yang diadakan di Itali mengatakan bahwa anak-anak yang mengidap Long Covid masih akan merasakan gejala hingga 6-8 bulan. 

Kedua studi tersebut turut mengatakan bahwa gejalanya membuat anak tidak dapat beraktivitas seperti normal dan susah untuk mengikuti pelajaran.

Akibatnya, anak harus mengurangi aktivitas fisik, bahkan harus bolos dari sekolah.


Peran orangtua

Mengalami long covid dengan jangka waktu yang cukup lama tanpa aktivitas fisik dan interaksi sosial di ruang kelas, anak akan merasakan kelelahan, putus asa, dan kesepian.

Maka dari itu, orangtua berperan besar untuk tetap memberikan dukungan mental agar anak tetap bersemangat dan tidak merasa sendirian. Hingga kini, penelitian terhadap long covid pada anak masih dilakukan.

Sangat penting untuk menanggapi kasus long covid pada anak dengan serius tidak hanya pada pasien dengan keluhan akut, tetapi juga pada pasien berkeluhan ringan.

https://health.kompas.com/read/2022/03/03/100000968/orangtua-perlu-waspada-ini-dampak-long-covid-pada-anak

Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke