Salin Artikel

Minum Kopi Bisa Tunda Kematian, Kok Bisa?

KOMPAS.com - Menenggak secangkir kopi, baik espresso, latte, maupun tubruk seolah menjadi rutinitas wajib bagi banyak orang.

Secangkir kopi menjadi minuman ampuh untuk menyegarkan diri dan menghilangkan kantuk sebelum melakukan aktivitas harian.

Tak heran, kopi menjadi minuman favorit berbagai kalangan usia, yang bisa dikonsumsi kapanpun, pagi, siang, atau malam.

Minum kopi tunda kematian

Tanpa Anda sadari, secangkir kopi yang mengandung kafein dan antioksidan ternyata bisa menambah peluang hidup lebih lama atau menunda kematian. 

Dilansir dari Webmd, jurnal Annals of Internal Medicine yang ditulis Dan Liu dan rekan, 170 ribu orang di Inggris yang mengonsumsi 2-4 cangkir dalam sehari punya kematian lebih rendah daripada mereka yang sama sekali tidak minum kopi.

Dengan atau tanpa gula, para peminum kopi bahkan memiliki peluang hidup lebih lama dibanding orang yang tidak merokok.

Meskipun hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa menambahkan gula tidak menghilangkan manfaat kesehatan dari kopi, Liu dan rekan tetap mewaspadai minuman manis.

Pasalnya, minuman manis, terutama dengan gula sintetis dapat memicu beragam penyakit untuk kesehatan Anda.

Alih-alih menggunakan gula berlebih, Anda bisa mengurangi rasa pahit pada kopi dengan menambahkan sedikit susu rendah lemak atau sari almond.

Manfaat lain minum kopi

Mengutip Everyday Health, kafein dapat mencegah demensia dengan meringankan kondisi penderita gangguan kognitif ringan.

Sementara itu, antioksidan yang terkandung pada kopi dapat memperbaiki kerusakan sel yang bisa memicu timbulnya penyakit. Tak heran, kopi punya potensi mengurangi risiko kanker.

Peminum kopi juga memiliki risiko lebih rendah terkena diabetes tipe 2 karena insulin mereka bekerja lebih baik. Diketahui, insulin merupakan hormon yang berfungsi mengubah gula dan karbohidrat menjadi energi.

Konsumsi kopi juga dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit alzheimer dan parkinson. Bahkan, bagi penderita parkinson, minum kopi dapat mengurangi frekuensi tremor.

Efek samping kopi

Kopi memang memiliki banyak manfaat bahkan bisa menunda kematian, namun demikian konsumsi berlebih juga bisa menimbulkan efek samping.

Konsumsi kopi secara berlebihan dapat menyebabkan efek samping, seperti migrain, insomnia, sering buang air kecil, asam lambung naik, hingga meningkatkan detak jantung.

Menurut Mayo Clinic, jumlah batas konsumsi kafein yang disarankan adalah 400 miligram per hari atau maksimal 3 cangkir untuk orang dewasa yang sehat.

Jumlah kafein yang aman berbeda untuk setiap orang berdasarkan usia, berat badan, dan kondisi kesehatan keseluruhan.

Meski begitu, angka batas tersebut adalah angka rata-rata yang aman dikonsumsi oleh orang dewasa agar tidak overdosis.

https://health.kompas.com/read/2022/06/05/060000768/minum-kopi-bisa-tunda-kematian-kok-bisa-

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.