Salad Asli Indonesia

Kompas.com - 13/08/2010, 14:28 WIB
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com — Bukan hanya orang Barat yang punya hidangan salad. Masyarakat kita pun memiliki berbagai jenis makanan yang berfungsi seperti salad. Sebagian cocok untuk dihidangkan sebagai makanan pembuka, ada yang tepat menjadi makanan pendamping hidangan utama, dan ada pula yang pas untuk hidangan penutup.

1. Gado-gado solo Di berbagai daerah di Indonesia, ada beragam jenis gado-gado, misalnya gado-gado jakarta, surabaya, dan padang. Pada dasarnya, bahan yang digunakan sama, yaitu beberapa jenis sayuran ditambah tahu dan tempe goreng yang diberi bumbu kacang, ditambah kerupuk atau emping.

Yang agak berbeda adalah gado-gado solo karena sebagian sayurannya mentah. Penggunaan mi kuning dan kentang sangat sedikit, sekadar sebagai variasi pelengkap nutrisi, selain mempercantik tampilan gado-gado itu sendiri. Bahan yang dominan adalah sayur mayur sehingga cita rasa gado-gado adalah segar dan tidak mengenyangkan.

2. Asinan bogor Asinan bogor sebetulnya merupakan hasil percampuran budaya yang diunduh dari kultur kuliner Tionghoa yang sudah ratusan tahun bermukim di daerah tersebut. Ada tiga jenis asinan bogor, yaitu asinan buah, asinan sayur, serta asinan campuran buah dan sayur. Rasa segar lebih terasa jika asinan sayur ini lebih dulu disimpan sejenak di dalam kulkas.

Dari sisi gizi, nilai gizi yang didapat dari asinan ini sangat baik karena terdiri atas beragam bahan pangan. Dibandingkan dengan sayuran yang dimasak, nilai nutrisinya lebih terjaga utuh pada asinan. Potensi kandungan bakteri pada asinan juga lebih rendah karena cuka dan cabai yang digunakan untuk bumbu memiliki sifat antimikroba.

3. Karedok Sayuran yang lazim digunakan untuk karedok adalah kacang panjang, kemangi, terung lalap, kol, timun, dan taoge. Kacang panjang dan kol dirajang halus, kemangi dipetik daunnya saja, timun dan terung dipotong dadu kecil-kecil, sedangkan taoge dibiarkan utuh.

Banyak vitamin yang kita peroleh dari berbagai sayuran yang digunakan untuk karedok dan salad asli Indonesia lainnya, antara lain vitamin C dan vitamin B kompleks. Sebagian juga mengandung vitamin A, D, dan E. Meski cukup enak disantap sebagai makanan pembuka, karedok lebih cocok mendampingi makanan utama; biasanya dengan nasi hangat dan lauk pauk.

4. Pecel semanggi Yang luar biasa sedap sebagai salad dari Surabaya adalah pecel semanggi. Biasanya makanan ini disantap menggunakan pincuk (piring yang terbuat dari daun pisang). Kombinasi daun semanggi dan pincuk daun pisang menjadikan pecel semanggi lebih sedap. Pecel semanggi hanya cocok dimakan sebagai makanan pembuka selera dan tidak cocok dikombinasikan dengan nasi, lontong, dan lainnya.

Bahan utama pecel semanggi adalah daun semanggi (Marsilea crenata), tanaman merambat yang lazim kita temui di persawahan atau pinggir kali. Daun semanggi ini bukan direbus, tapi dikukus. Sayuran lain yang ditambahkan adalah taoge rebus. Saus yang digunakan sama dengan saus kacang untuk pecel, tetapi ditambahkan ketela rambat yang dihaluskan bersama petis udang.

5. Tahu acar Tahu acar dapat dikatakan mirip gado-gado. Namun panganan ini menggunakan saus kecap yang encer. Bahan-bahan yang dipakai adalah bahan mentah, terdiri atas kol yang diiris tipis, timun di iris tipis, seledri dirajang kasar, serta bahan-bahan matang, seperti tauge rebus, mi kuning, tahu, dan tempe goreng dipotong dadu.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X