Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - Diperbarui 09/05/2023, 21:08 WIB
Lusia Kus Anna

Editor

KOMPAS.com - Ada beberapa perbedaan pandangan umum yang kerap diungkapkan oleh pria dan wanita ketika membahas soal seks.

Bicara soal seks, hampir semua pria akan menjawab aktivitas seksual adalah kegiatan yang menyenangkan. Sebaliknya dengan wanita, sebagian hanya menganggap seks sebagai kewajiban walau mereka sebenarnya tak menikmatinya.

Baca juga: Apa Risiko Berhubungan Seks Saat Menstruasi?

Alasan mengapa wanita tidak menikmati seks sangat rumit dan berbeda tiap wanita. Ada yang karena alasan fisik, psikologis, atau gabungan keduanya.

Padahal, semakin jarang pasangan melakukan hubungan seksual, mereka akan semakin merasa terisolasi dan hubungan cenderung jadi dingin. Oleh karena itulah penting untuk tidak menganggap remeh aktivitas seks.

Ada lima alasan utama mengapa seorang wanita tidak lagi menikmati hubungan intim dengan pasangannya.

Libido rendah

Penyebabnya beragam, mulai dari penggunaan pil kontrasepsi, depresi, kurang tidur, menopause, hingga gangguan hormonal.

Nyeri bersenggama

Seks yang biasanya menyenangkan, justru menimbulkan rasa nyeri. Pemicunya adalah karena gangguan hormonal menjelang masa menopause, sehingga menyebabkan sindrom rasa terbakar di vagina. Pemanasan (foreplay) yang kurang juga dapat membuat vagina kering sehingga penetrasi menjadi hal yang menyakitkan.

Baca juga: Apa Manfaat Kencing Setelah Berhubungan Seks?

Kesulitan terangsang

Gangguan ini bisa terjadi di area genital atau masalah di otak. Selain karena hubungan dengan pasangan yang mungkin kurang hangat, stres, atau sekali lagi karena gangguan hormon.

Berbeda dengan pria, wanita memerlukan rangsangan seks yang berbeda. Selain butuh waktu yang cukup dalam pemanasan, wanita juga harus rileks agar bisa menikmati seks.

Menghindari seks

Seringkali penyebabnya adalah trauma akibat kekerasan seksual yang pernah dialami. Pengalaman masa kecil saat melihat hubungan antara ayah dan ibunya yang kurang hangat juga berpengaruh pada hasrat seksual seseorang saat dewasa.

Sulit orgasme

Hampir 20 persen wanita tidak pernah merasakan orgasme, tetapi kebanyakan wanita perlu waktu lebih lama untuk mencapai kepuasan. Diperlukan komunikasi yang terbuka dan setara dengan suami untuk membicarakan apa yang disukai dan tidak di atas tempat tidur.

Perlu dipahami pula bahwa tak semua hubungan seksual harus diakhiri dengan orgasme. Ini agar Anda tidak merasa dikejar target sehingga justru tidak menikmati seks. Nikmati saja aktivitas seksual dengan pasangan.

Baca juga: Apa Itu Gangguan Tidur Sexsomnia yang Disebut Juga Seks Tidur?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com