Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dede Sudah Bisa Menulis

Kompas.com - 17/01/2008, 18:35 WIB

BANDUNG, KAMIS - Kondisi Dede yang mengidap penyakit kutil akibat human papilloma virus (HPV) tipe II terus membaik. Tangannya sudah bisa digunakan untuk menulis.

Luka bekas operasi di wajah, leher, dada, perut, dan paha mulai mengering. Dia ingin segera sembuh dan hidup normal sebagaimana manusia lainnya.

Hal itu terungkap saat tim dokter Rumah Sakit Hasan Sadikit menggelar temu wicara antara Dede dengan para wartawan, Kamis (17/1). Selain wartawan lokal, tampak pula beberapa wartawan asing dari ABC Amerika dan Summer Film.

Dede mengatakan, dia merasa lebih nyaman dan leluasa bergerak setelah kutil dan tanduk raksasa (epidermodysplacia verruciformis dan giant cutaneous horn) dirilis. “Setelah sembuh nanti, saya ingin bisa kembali bekerja dan hidup bersama keluarga,” papar Dede  dalam temu wicara yang hanya berlangsung sekitar 20 menit itu. Dede sudah bisa memencet tombol (keypad) ponsel dan menulis.

Ketua tim dokter, Rachmatdinata menjelaskan, kondisi Dede terus membaik. Berat badannya naik sekitar 9 kilogram selama tujuh pekan dirawat di RSHS. Namun, obat penghambat perumbuhan kutil, Acetretin, belum bisa diberikan.

Alasannya, kata Rachmatdinata, kondisi liver Dede masih parah. Penyakit hetitis B yang diderita Dede belum sembuh. “Paling tidak butuh waktu enam bulan, baru Dede bisa mengonsumsi Acetretin,” ujarnya.

Selain hepatitis B, Dede juga mengidap penyakit radang paru-paru. Penyakit ini sudah dapat diatasi, tinggal mengoptimalkan fungsi paru-paru Dede. “Kuman dan infeksi di paru-parunya sudah tidak ada lagi. Ini perkembangan menggembirakan,” kata Rachmatdinata. (MHF)


 
 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com