Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dede Sudah Bisa Menulis

Kompas.com - 17/01/2008, 18:35 WIB
EditorAbd

BANDUNG, KAMIS - Kondisi Dede yang mengidap penyakit kutil akibat human papilloma virus (HPV) tipe II terus membaik. Tangannya sudah bisa digunakan untuk menulis.

Luka bekas operasi di wajah, leher, dada, perut, dan paha mulai mengering. Dia ingin segera sembuh dan hidup normal sebagaimana manusia lainnya.

Hal itu terungkap saat tim dokter Rumah Sakit Hasan Sadikit menggelar temu wicara antara Dede dengan para wartawan, Kamis (17/1). Selain wartawan lokal, tampak pula beberapa wartawan asing dari ABC Amerika dan Summer Film.

Dede mengatakan, dia merasa lebih nyaman dan leluasa bergerak setelah kutil dan tanduk raksasa (epidermodysplacia verruciformis dan giant cutaneous horn) dirilis. “Setelah sembuh nanti, saya ingin bisa kembali bekerja dan hidup bersama keluarga,” papar Dede  dalam temu wicara yang hanya berlangsung sekitar 20 menit itu. Dede sudah bisa memencet tombol (keypad) ponsel dan menulis.

Ketua tim dokter, Rachmatdinata menjelaskan, kondisi Dede terus membaik. Berat badannya naik sekitar 9 kilogram selama tujuh pekan dirawat di RSHS. Namun, obat penghambat perumbuhan kutil, Acetretin, belum bisa diberikan.

Alasannya, kata Rachmatdinata, kondisi liver Dede masih parah. Penyakit hetitis B yang diderita Dede belum sembuh. “Paling tidak butuh waktu enam bulan, baru Dede bisa mengonsumsi Acetretin,” ujarnya.

Selain hepatitis B, Dede juga mengidap penyakit radang paru-paru. Penyakit ini sudah dapat diatasi, tinggal mengoptimalkan fungsi paru-paru Dede. “Kuman dan infeksi di paru-parunya sudah tidak ada lagi. Ini perkembangan menggembirakan,” kata Rachmatdinata. (MHF)


 
 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+