Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Memperoleh" Bayi Tabung di Klinik Yasmin

Kompas.com - 19/01/2008, 03:15 WIB

SALEMBA, WARTA KOTA - Anda yang memiliki masalah kesuburan atau gangguan haid bisa datang ke Klinik Yasmin Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), Salemba, Jakarta Pusat. Di klinik ini Anda bisa berkonsultasi seputar masalah gangguan haid dan masalah kesuburan. Bahkan Anda juga bisa "memperoleh" bayi tabung.

Manajer Operasional Klinik Yasmin, dr Budi Wiweko SpOG, mengatakan, demi memberikan pelayanan yang maksimal pihaknya menggunakan cara yang disebut one stop clinic. "Klinik Yasmin bukan klinik biasa. Klinik ini memberikan layanan terpadu dan menyeluruh. Seluruh pasien akan dilayani sejumlah dokter ahli sebanyak 15 dokter," ujar Budi kepada wartawan, Jumat (18/1) pagi.

Klinik yang didirikan pihak RSCM pada tahun 2004 ini dilengkapi dengan ruang lingkup pelayanan, yaitu klinik infertilitas (gangguan kesuburan) dan bayi tabung, klinik sindrom ovarium polikistik (khusus wanita yang mengalami gangguan pematangan sel atau ovulasi), klinik endomestriosis atau kista cokelat (khusus wanita yang mengalami gangguan nyeri haid dan gangguan kesuburan), klinik keguguran berulang, klinik gangguan haid dan menopause, dan klinik ginekologi remaja (khusus wanita berusia remaja yang mengalami gangguan pubertas dan haid).

Budi mengatakan, setiap wanita atau pasangan yang mengalami gangguan haid dan kesuburan ditangani oleh tim secara terpadu. "Tim dokter terdiri dari ahli kandungan, andrologi, urologi, ahli penyakit dalam, ahli kesehatan anak, ahli gizi, psikologi, akupunktur, dan rehabilitasi medik," ujarnya.

Dengan kelengkapan peralatan dan jumlah dokter ahli yang mumpuni, maka seluruh pasien tak perlu berpindah-pindah klinik. Pasalnya, seluruh kebutuhan medis sudah tersedia di klinik tersebut.

"Jika dengan konsultasi dan pemberian obat-obatan kesuburan tetap tidak optimal, maka ada dua langkah terakhir, yaitu dengan bayi tabung atau program inseminasi. Program ini adalah untuk merangsang ovum dan sperma agar lebih produktif. Biaya program ini sebesar Rp 2,5 juta," jelas Budi.

Persentase keberhasilan untuk program bayi tabung sebesar 42,9 persen. Presentase pasien yang menjalani pogram bayi tabung sekitar 15-20 persen dari total layanan yang dilakukan di klinik ini. Sedangkan persentase jumlah pasien yang "berobat" adalah 55 persen untuk pria, 37 persen untuk wanita, serta 15 persen untuk pasangan suami istri.

"Banyak pasien yang mengeluh tentang siklus haid yang berubah-ubah, ditemukannya kista dan tumor jinak. Hal ini menjadi salah satu penyebab buruknya kesuburan. Karena itu untuk mengetahui penyebab buruknya kesuburan kami akan melakukan konsultasi secara menyeluruh dengan memulai dari wawancara. Nah, dengan dokter-dokter yang kami sediakan itulah kami bisa mencari penyebab kesuburan atau gangguan haid pasien," terang Budi.

Salah seorang pasien langganan Klinik Yasmin bernama Hui Hsien Djaja (38) mengatakan, dirinya sudah menjalani program sejak tahun 2004. Dan saat ini wanita asal Cengkareng, Jakarta Barat, itu tengah menjalani program inseminasi. "Saya sudah menikah 10 tahun tapi belum punya anak. Mudah-mudahan dengan terus ke sini keinginan saya untuk memiliki anak bisa terlaksana," ujarnya. (get) 

KLINIK YASMIN RSCM
Alamat : Paviliun Cendrawasih RSCM Lt.2
Jam buka : Senin Sabtu pukul 08.00 15.00
Biaya konsultasi : Rp 110.000 Rp 125.000
Biaya bayi tabung : Rp 35 juta Rp 55 juta
Lama pembuatan bayi tabung : 4-6 minggu

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com