Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Minggu, Hari Tersulit untuk Tidur Nyenyak

Kompas.com - 22/01/2008, 19:35 WIB

LONDON, SENIN - Bagi siapapun, tidur di malam hari adalah hal penting yang tak boleh dilewatkan demi menjaga kesehatan dan kebugaran. Hampir semua orang biasanya dapat tidur pulas setiap malam jika tak ada sesuatu yang mengganggu pikirannya.  

Sebuah survey yang dilakukan di Inggris belum lama ini mengungkap sebuahfakta menarik yang mengaitkan kualitas tidur dengan pola hari kerja. Menurut survey tersebut, Minggu malam adalah saat yang paling sulit bagi seseorang khususnya para pekerja atau karyawan untuk dapat beristirahat dengan tenang atau pun tertidur pulas.

Survey yang melibatkan 3.500 orang dewasa dan digagas oleh jaringan hotel Travelodge itu menunjukkan hampir 60% pekerja mendapat kualitas tidur malam paling buruk pada hari Minggu. Lebih dari seperempat yang disurvey juga mengaku sakit pada hari Senin akibat buruknya kualitas tidur mereka pada malam harinya. Survey juga mengungkap sebanyak 80% responden tidur nyenyak pada Jumat malam atau  hari terakhir setelah sepekan bekerja.

Gangguan tidur memang kerap dijadikan biang permasalahan menurunnya konsentrasi pada saat bekerja.  Hal ini pula yang memicu keretakan hubungan dengan bos dan bahkan kerap membuat seseorang tertidur di meja kerja. Hampir setengah dari total responden mengatakan mereka telah mengalami penurunan konsentrasi yang memicu timbulnya kesalahan. Sepertiga lainnya mengaku mereka menjadi mudah terpicu emosi oleh bos dan rekan kerja, sedangkan seperlima lainnya mengaku kadang mengantuk. 

Hasil riset juga mengungkap, hampir 23 juta pekerja di Inggris mengklaim telah kehilangan waktu tidur selema berjam-jam di setiap malam karena mereka gelisah akan pekerjaan di hari berikutnya. Mengatasi sifat bos yang sulit, harus melakukan presentasi penting dan gagal memenuhi batas waktu adalah alasan-alasan yang muncul sebagai penyebab gangguan tidur yang dialami para responden..

Dr Neil Stanley, seorang ahli dari Norfolk and Norwich University Hospital, mengatakan bahwa kekhawatiran akan pekerjaan adalah salah satu alasan dari hilangnya waktu tidur, tetapi bukan satu-satunya penyebab bila dihubungkan dengan kesulitan tidur pada saat Sabtu malam

"Pola tidur telah rusak akibat pengaruh dari tiduran atau pun begadang. Orang cenderung tidak melakukan banyak kegiatan fisik atau mental pada hari Minggu, dan rasanya seperti ada makanan besar yang akan memenuhi lambung," ungkap Dr Stanley

Dr Stanley menganjurkan bahwa cara terbaik untuk melawan insomnia adalah tetap terjaga dan aktif selama siang hari dan menjaga pola tidur secara konstan. "Apa yang sebenarnya diinginkan tubuh Anda adalah pergi ke tempat tidur dan bangun pada saat yang sama setiap hari," tandasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com