Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wanita Lebih Keras Kepala daripada Pria

Kompas.com - 23/01/2008, 18:20 WIB

BEIJING, RABU - Lebih keras kepala siapa, pria atau wanita? Pria mungkin bisa dibilang lebih keras kepala, mislanya untuk urusan seks, makanya banyak kasus pemerkosaan dilakukan kaum pria terhadap kaum wanita.

Namun, dalam arti harfiah, wanita ternyata lebih keras kepala daripada pria dalam artian tulang tengkorak wanita lebih tebal daripada pria. Jika tebal lapisan tulang tengkorak pria rata-rata 6,5 milimeter, rata-rata tebal tengkorak wanita 7,1 milimeter.

"Perbedaan ketebalan tulang tengkorak karena gender terbukti dalam penelitian kami," ungkap Jesse Ruan, peneliti dari Ford Motor Company, bersama koleganya dari Universitas Sains dan Teknologi Tianjin, China seperti dilansir situs Livescience, Rabu (23/1).

Ruan dan timnya melakukan pengukuran terhadap 3000 pasien di Rumah Sakit Pusat Tianjin Keempat menggunakan pemindai kepala. Data-data mengenai perbedaan karakteristik tulang tengkorak pria dan wanita ini penting sebagai dasar pengembangan helm dan alat pelindung kepala untuk menekan risiko bahaya sekecil mungkin akibat benturan saat terjadi kecelakaan.

Selain berbeda ketebalan, para peneliti juga menemukan bahwa besar rata-rata tengkorak wanita lebih kecil daripada pria. Wanita rata-rata memiliki ukuran tengkorak 171 milimeter dari depan ke belakang dan 140 milimeter dari sisi kiri ke kanan. Sementara, tengkorak pria rata-rata berukuran 176 milimeter dari depan ke belakang dan 145 milimeter dari kiri ke kanan.

"Langkah berikutnya adalah memastikan apakah perbedaan ini juga berpengaruh terhadap dampak benturan antara pria dan wanita dan kemudian kami dapat mendesain pelindung kepala yang sesuai," ujar Ruan. Selain perbedaan ketebalan dan ukuran, penelitian yang dimuat dalam Journal of Vehicle Safety edisi terbaru ini juga mengungkap perbedaan tengkorak berdasarkan usia.(LIVESCIENCE/WAH)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com