Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tempat Tidur Lolita Jadi Perkara

Kompas.com - 02/02/2008, 11:45 WIB

LONDON, SABTU - Apalah arti sebuah nama? Mungkin ungkapan itu tidak terlalu tepat jika dihubungkan dengan perkara berikut ini. Ya, sebuah toko bernama Woolworths yang merupakan jaringan retail yang berpusat di Inggris terpaksa menarik produk tempat tidur anak-anak, karena nama yang kurang pas.

Tempat tidur yang dirancang untuk anak perempuan berusia sampai 6 tahun itu terpaksa ditarik karena diberi nama Lolita. Sejumlah orang tua melancarkan keluhan dengan nama yang mengingatkan banyak orang kepada kisah seorang gadis cilik dengan kehidupan seksualnya.

Ya, ternyata nama memang memiliki banyak arti dan juga kesan di belakangnya. Meskipun pihak penjual telah menegaskan bahwa mereka tidak berniat dan memperhatikan hubungan produk tadi dengan kisah Lolita.

Dalam kisah Lolita yang diterbitkan 1955 dan ditulis  Vladimir Nabokov, dikisahkan mengenai hubungan cinta antara seorang lelaki dengan anak tirinya yang baru berusia 12 tahun. Namun tetap pihak toko menyatakan tidak menyadari hubungan antara penamaan produk tempat tidur itu, dengan kisah yang difilmkan itu.

(AFP)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com