Rima Melati: Merokok Buat Saya Kena Kanker

Kompas.com - 04/02/2008, 10:19 WIB
Editor

JAKARTA, SENIN - Merokok. Itulah hal yang disesali oleh Rima Melati, artis kawakan yang selalu aktif dalam kampanye anti kanker di Indonesia. Merokok membuatnya merasakan penderitaan menyusul operasi yang dijalaninya 19 tahun lalu di Belanda.

"Ya, merokok membuat saya kena kanker. Oh, jangan salah. Saya dulu bisa habis rokok satu bungkus dalam satu hari. Kadang masih minta-minta sama teman. Oleh karena itu, saya sekarang ini sangat anti dengan rokok dan selalu mengampanyekannya," ujarnya saat ditemui pada peringatan hari kanker sedunia di Bundaran HI, Senin (4/1).

Tak tanggung-tanggung karena merokok, istri Frans Tumbuan ini mengidap kanker payudara stadium 3B. Beruntung bagi Rima yang dapat menjalani pengobatan di Belanda hingga sel kanker tak lagi bersarang di tubuhnya.

Mulai saat itu, dia tidak ingin anak cucunya merasakan penderitaan yang sama. "Tanpa merokok pun, kita sudah menghirup udara kotor. Contohnya tadi, saat membagikan bunga ke pengendara yang lewat, tiba-tiba ada bus dengan asap hitamnya. Wah, itu sumber penyakit," kata Rima. (BOB)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.