Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yoga Ala Marini Soerjosoemarno

Kompas.com - 04/02/2008, 10:53 WIB

JAKARTA, SENIN - Siapa bilang usia senja tidak memungkinkan bagi seseorang untuk berolah raga? Marini Soerjosoemarno merupakan salah satu artis kawakan yang masih mampu berolah raga di usia senja. Mengingat semakin banyaknya fungsi organ tubuh yang menurun, tentu olah raga yang dilakukan ibunda Shelomitha ini, tidak seberat anak muda, yoga contohnya.

"Ada dua olah raga yang sering saya lakukan, berjalan dan yoga. Tapi yoganya ala Marini. Sebenarnya saya tidak bisa yoga, tapi yoganya pake logika aja. Saya duduk bersila dan berlatih nafas," ujarnya ketika menghadiri peringatan hari kanker sedunia di Bundaran HI, Senin (4/1) pagi.

Dasar latihan yoga yang digunakan Marini adalah pernafasan senam. Kebetulan, lanjutnya, dulu pernah menekuni olah raga senam. Mmm... tak heran wajah dan tubuhnya tetap segar meski usianya sudah mencapai 60 tahun.

Pernafasan juga dia latih melalui olah raga berjalan. Kesibukan Marini, menyebabkannya tidak mempunyai waktu banyak untuk berolah raga. Oleh karena itu, dia memilih untuk membeli alat step up. Sebuah alat yang memungkinkannya berjalan di tengah kesibukannya sebagai artis dan ibu rumah tangga.

"Saya targetin, minimal 250-300. Kalau sudah kecapean, ya berenti. Saya kan dah 60 tahun, jadi nggak mungkin olah raga yang berat-berat. Makanya, saya suka jalan-jalan di mall. Itu kan sama dengan olah raga, sekalian cuci mata. Tapi jangan sampai cuci kantong," katanya sambil terkekeh. (BOB)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com