Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rokok Percepat Kematian

Kompas.com - 23/02/2008, 11:39 WIB

JAKARTA, SABTU - Rokok bisa mempercepat dan juga memperparah penyakit yang diderita seseorang. Angka kematian meningkat dua kali lipat bagi para perokok ketimbang mereka yang bukan perokok.

Hal itu disampaikah dokter spesialis paru, Tjandra Yoga, pada acara sarasehan Pementapan Program Bebas Rokok di Lingkungan Sekolah kepada para siswa SMP dan SMU pada Sabtu (23/2) di Hotel Borobudur, Jakarta.

Selain mempercepat kematian seseorang, rokok juga bisa memperparah penyakit yang diderita seseorang seperti serangan jantung menjadi lebih parah tiga kali, kanker mulut sebanyak lima kali, kanker kandung kemih sebanyak dua sampai tiga kali, dan juga menimbulkan penyakit kanker lainnya seperti kanker bibir, pipih, lidah, dan kanker leher rahim.

Total penyakit yang bisa disebabkan oleh rokok adalah 25 jenis penyakit akibat begitu banyaknya kandungan zat kimia pada rokok yang mencapai 4000 jenis zat kimia. (SMS)-

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com