Jumlah Perokok Muda Mengkhawatirkan

Kompas.com - 23/02/2008, 11:47 WIB
Editor

JUMLAH perokok usia muda di Indonesia semakin meningkat. Kondisi ini dinilai menjadi sebuah ancaman bagi bangsa Indonesia karena dikhawatirkan berdampak pada menurunnya kualitas sumber daya manusia (SDM).

Sebuah survei sosial ekonomi memperlihatkan terjadinya peningkatan yang cukup mengkhawatirkan dari jumlah perokok usia di bawah 19 tahun dari 69 persen pada 2001 menjadi 78 persen pada 2004. Terjadi peningkatan sebanyak 4,5 kali lipat dari usia mulai merokok lima sampai sembilan tahun selama tiga tahun dari 2001 sampai 2004.

Hal tersebut mengemuka dalam sebuah sarasehan pemantapan program bebas rokok di lingkungan sekolah di Hotel Borobudur, Jakarta, pada Sabtu (23/2). Acara yang dibuka Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo itu dihadiri LSM yang peduli terhadap bahaya rokok, para guru dan siswa SMP dan SMA.

Pembicara pada kesempatan tersebut yakni Tini Suryanti dari Dinas Kesehatan DKI Jakarta, dr Tjandra Yoga A, Sp.P (dokter spesialis paru), Prof. Dr H Mohamad Surya dan Kepala Sekolah dari SMA 68 dan SMP 16. Kedua kepala sekolah akan memberikan penjelasan tentang penerapan program sekolah bebas asap rokok.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.