Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jumlah Perokok Muda Mengkhawatirkan

Kompas.com - 23/02/2008, 11:47 WIB

JUMLAH perokok usia muda di Indonesia semakin meningkat. Kondisi ini dinilai menjadi sebuah ancaman bagi bangsa Indonesia karena dikhawatirkan berdampak pada menurunnya kualitas sumber daya manusia (SDM).

Sebuah survei sosial ekonomi memperlihatkan terjadinya peningkatan yang cukup mengkhawatirkan dari jumlah perokok usia di bawah 19 tahun dari 69 persen pada 2001 menjadi 78 persen pada 2004. Terjadi peningkatan sebanyak 4,5 kali lipat dari usia mulai merokok lima sampai sembilan tahun selama tiga tahun dari 2001 sampai 2004.

Hal tersebut mengemuka dalam sebuah sarasehan pemantapan program bebas rokok di lingkungan sekolah di Hotel Borobudur, Jakarta, pada Sabtu (23/2). Acara yang dibuka Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo itu dihadiri LSM yang peduli terhadap bahaya rokok, para guru dan siswa SMP dan SMA.

Pembicara pada kesempatan tersebut yakni Tini Suryanti dari Dinas Kesehatan DKI Jakarta, dr Tjandra Yoga A, Sp.P (dokter spesialis paru), Prof. Dr H Mohamad Surya dan Kepala Sekolah dari SMA 68 dan SMP 16. Kedua kepala sekolah akan memberikan penjelasan tentang penerapan program sekolah bebas asap rokok.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com