Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fuad Baradja: Ingatkan Artis Bahaya Rokok

Kompas.com - 23/02/2008, 16:55 WIB

JAKARTA, SABTU - Bukan hal yang baru lagi bahwa kalangan artis dekat dengan aktivitas yang namanya merokok. Aktivitas ini tak mengenal jenis kelamin. "Kegemaran" banyak pria ini belakangan ini sudah menjadi hal yang biasa dilakoni kaum hawa.

Di belakang kebiasaan yang dinilai menyenangkan oleh sebagian orang ini, rupanya ada hal negatif yang bisa ditimbulkan rokok. Empat ribu zat kimia yang terdapat dalam sebatang rokok menjadi sumber penyakit ataupun memperparah penyakit yang diderita seseorang. Hal inilah yang menggerakkan Fuad Baradja, artis yang juga menjadi relawan Lembaga Menanggulangi Masalah Merokok (LM3) untuk mengingatkan rekan-rekannya sesama artis akan bahaya merokok.

Meskipun demikian pendekataan yang dilakukan artis pemeran sinetron "Jin dan Jun" ini berbeda-beda. "Tidak semua orang mau menerima. Pendekatannya harus baik agar tidak timbul gap antar artis," kata Fuad dalam acara sarasehan Pemantapan Program Bebas Rokok di Sekolah yang sebagian pesertanya adalah pelajar SMP dan SMA di Hotel Borobudur, Sabtu (23/2).

Acara tersebut digelar Yayasan Kanker Indonesia (YKI) dalam rangka memperingati Hari Kanker Se-Dunia. Kepedulian Fuad akan bahaya merokok tidak cuma ditunjukkan terhadap rekan-rekan sesama artis. Semakin banyaknya anak usia muda yang kecanduan rokok saat ini mendorongnya melakukan penyuluhan-penyuluhan, seperti di sekolah-sekolah.

Tujuannya agar para pelajar bisa mendapat informasi yang benar soal bahaya merokok sebelum mereka terperangkap pada kecenderungan untuk mencoba."Rokok adalah candu. Kalau sudah mencoba, sulit untuk melepaskannya. Berhenti merokok itu sulit. Jadi, jangan mencoba," ujar Fuad.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com