Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3,86 Hari Hilang karena Sakit Gigi

Kompas.com - 17/03/2008, 11:13 WIB

JAKARTA, SENIN -  Jangan remehkan sakit gigi. Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Dokter Gigi Indonesia Emmyr F Moeis mengemukakan, rata-rata setiap orang kehilangan 3,86 hari per tahun karena sakit gigi. Sakit gigi menempati urutan pertama dari 10 jenis penyakit yang dikeluhkan masyarakat.

"Bayangkan berapa produktivitas yang hilang dalam setahun karena sakit gigi," ujar Emmyr dalam pembukaan Kongres PDGI ke-23 di Istana Wapres, Jakarta, Senin (17/3).

Hasil survei lain yang dikemukakan Emmyr soal kesehatan gigi adalah, 62,4 persen penduduk Indonesia terganggu karena sakit gigi. Tingginya keluhan masyarakat karena sakit gigi seiring dengan kekurangan dokter gigi dan dokter gigi spesialis di Indonesia. Saat ini, di Indonesia hanya mempunyai 16.786 dokter gigi dengan 1.229 di antaranya dokter gigi spesialis. Dengan perbandingan ideal satu dokter gigi melayani 10.000 rakyat, kebutuhan dokter gigi Indonesia harusnya 22.500 dokter gigi.

"Dengan kebutuhan ideal itu, saat ini kita kekurangan sekitar 5.700 dokter gigi," ujarnya. Menurut Emmyr, selain kekurangan tenaga dokter gigi, Indonesia juga kekurangan kualitas dari tenaga dokter gigi yang ada dan penyebarannya tidak merata.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com